' Dede Yusuf Wacanakan Penambahan 10 Daerah Otonom Baru - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dede Yusuf Wacanakan Penambahan 10 Daerah Otonom Baru

Dede Yusuf Wacanakan Penambahan 10 Daerah Otonom Baru

Written By Angga Harja S on Friday, December 14, 2012 | 6:03 PM

CIREBON - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Calon Gubernur (Cagub) Jabar dari Partai Demokrat,  Dede Yusuf Macan Effendi, secara tak terduga mengusulkan penambahan 10 kabupaten/kota di Jawa Barat. Maksud dari penambahan dengan cara pemekaran wilayah itu, tak lain untuk pemerataan pembangunan dan percepatan pelayanan publik.

Beberapa wilayah yang diusulkan untuk dikembangkan antara lain Kabupaten Cirebon Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kota Cikarang Bekasi, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Tasikmalaya Selatan. Khusus untuk dua wilayah terakhir bisa dilakukan penggabungan anak kabupaten antara Garut Selatan dan Tasikmalaya Selatan.

Penambahan kota dan kabupaten di Jawa Barat tersebut berkaca kepada Provinsi Jawa Timur yang penduduknya lebih sedikit tapi memiliki 38 kabupaten/kota dan Jawa Tengah yang memiliki 36 kabupaten/kota. "Jabar penduduknya 46 juta dan wilayahnya luas, tapi  baru punya 26 kabupaten/kota, jadi sampai 2025 Jabar masih berpeluang menambah kota dan kabupaten baru untuk percepatan dan pemerataan pembangunan," kata Dede dalam kunjungannya ke Cirebon, Kamis (13/12).

Dede mengatakan, penambahan kota dan kabupaten tersebut akan berdampak langsung kepada percepatan dan pemerataan pembangunan, karena wilayah-wilayah tersebut sudah memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Misalnya, Cikarang Bekasi dan Sukabumi Utara yang merupakan kawasan industri, Cirebon Timur dan Indramayu Barat memiliki keunggulan di bidang perikanan dan perkebunan.

Kemudian K\kawasan Cianjur Selatan, Garut Selatan dan Tasikmalaya Selatan memiliki potensi wisata dan agrobisnis. "Pusat pembangunan dan pelayanan ada di kabupaten/kota, dengan penambahan kabupaten/kota maka pembangunan lebih cepat karena saat ini Jawa Barat baru memiliki 26 kabupaten/kota lebih sedikit dari Jateng dan Jatim," kata Dede.

Terkait wacana pembentukan Provinsi Cirebon, Dede menjawab singkat. "Tak ada Jawa Barat tanpa Cirebon, sampai 2025 fokus kita adalah penambahan kota dan kabupaten baik di pesisir utura maupun selatan. Ini bukan karena saya menolak, ini karena kita ingin fokus untuk membangun Jabar di masa mendatang," tegas mantan aktor laga yang melejit saat membintangi film Catatan si Boy itu.

Bedah Rumah Warga Miskin

Dede Yusuf, selain dalam kapasitas sebagai wakil gubernur, kunjungannya ke Cirebon juga selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Jabar. Dia pun memimpin langsung lelang bedah rumah. Salah seorang warga yang rumahnya milik Ibu Minta (83 tahun) di Desa Jagapura Lor, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon. Minta merupakan janda yang kini hidup sebatang kara.

Rumahnya yang sempat menjadi tempat bermalam Dede, hanya beralas tanah dan berdinding bilik reyot. Atap rumah pun sudah bocor dimana-mana. Kondisi rumah yang memprihatinkan membuat Dede ikut serta untuk menyisihkan uang pribadi sebesar Rp 10 juta. Selain Dede, warga setempat juga ikut serta menyumbangkan bahan bangunan. "Tetangga Ibu Minta turut menyumbang keramik, semen, genting dan kayu sebagai ahan renovasi," jelasnya kepada Ibu Minta.

Bahan bangunan tersebut ditaksir menggunakan rupiah dapat mencapai Rp 25 juta. Dede pun menunjuk salah seorang tokoh pemuda di Desa tersebut sebagai Ketua Panitia. "Saya menunjuk Muchlisin Ikrom sebagai ketua panitia bedah rumah Ibu Minta," ujarnya. Dede pun menargetkan bedah rumah harus selesai pada akhir Februari 2013.

Masyarakat tergugah hatinya untuk bergotong royong merenovasi rumah tidak layak huni. Dede sebagai Wakil Gubernur mengharapkan keikhlasan Muchlis untuk menjadi ketua panitia bedah rumah. "Jadi bulan depan saya datang ke sini rumah sudah ada perbaikan," imbuhnya dengan nada haru. WAS/GYO
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger