' Dede Yusuf Wacanakan Pembentukan Kab/Kota Baru di Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dede Yusuf Wacanakan Pembentukan Kab/Kota Baru di Jabar

Dede Yusuf Wacanakan Pembentukan Kab/Kota Baru di Jabar

Written By Angga Harja S on Friday, December 14, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG (LJ)-Luas wilayah Provinsi Jawa Barat saat ini,perlu diimbangi dengan tata kelola pemerintahan,sehingga pelayanan masyarakat menjadi cepat. Sekaligus untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus andministrasi dan mengembangkan potensi daerah yang ada.
 
Menyikapi hal ini, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf mewacanakan pemekaran wilayah di Jawa Barat. Ia mengusulkan sepuluh kota dan kabupaten baru untuk pemerataan pembangunan dan percepatan pelayanan publik.
 
Beberapa wilayah yang diusulkan untuk dimekarkan antara lain Kabupaten Cirebon Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kota Cikarang Bekasi, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Tasikmalaya Selatan. Khusus untuk dua wilayah terakhir bisa dilakukan penggabungan anak kabupaten antara Garut Selatan dan Tasikmalaya Selatan.
 
Penambahan kota dan kabupaten di Jawa Barat tersebut, berkaca kepada Provinsi Jawa Timur yang penduduknya lebih sedikit namun punya 38 kota/kabupaten dan Jawa Tengah yang punya 36 kota/kabupaten."Jawa Barat penduduknya 46 juta dan wilayah luas baru punya 26 kota/kabupaten, jadi sampai 2025 Jabar masih berpeluang penambahan kota dan kabupaten baru untuk percepatan dan pemerataan pembangunan," ujar Dede dalam siaran pers yang diterima LINGKAR JABAR, Kamis (13/12).
 
Dede mengatakan, penambahan kota dan kabupaten tersebut akan berdampak langsung kepada percepatan dan pemerataan pembangunan, karena wilayah-wilayah tersebut sudah memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), misalnya Cikarang Bekasi dan Sukabumi Utara yang merupakan kawasan industri, Cirebon Timur dan Indramayu Barat memiliki keunggulan di bidang perikanan dan perkebunan. Kawasan Cianjur Selatan, Garut Selatan dan Tasikmalaya Selatan memiliki potensi wisata dan agrobisnis.
 
"Pusat pembangunan dan pelayanan ada di kota/kabupaten, dengan pertambahan kota/kabupaten maka pembangunan lebih cepat karena saat ini Jawa Barat baru 26 kota/kabupaten lebih sedikit dari Jateng dan Jatim," tegas Dede.
 
Menyoal wacana pembentukan Provinsi Cirebon, Wagub mennyatakan hal itu tak perlu. "Tak ada Jawa Barat tanpa Cirebon, sampai 2025 fokus kita adalah penambahan kota dan kabupaten baik di pesisir utura maupun selatan," ujarnya.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger