' Dede, Rieke dan Aher Berpotensi Menangkan Pilgub - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dede, Rieke dan Aher Berpotensi Menangkan Pilgub

Dede, Rieke dan Aher Berpotensi Menangkan Pilgub

Written By Angga Harja S on Friday, December 21, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) sudah ditetapkan maju Pilgub Jabar 2013. Empat pasang dari jalur partai politik yakni Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Dede Yusuf-Lex Laksamana, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, dan Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Fahranul Hakim. Satu pasangan berasal jalur independen yaitu Dikdik Maulana Arief Mansur-Cecep NS Toyib (Dikdik-Toyib).

Namun dari lima pasangan itu, hanya tiga pasangan saja yang dinilai berpeluang besar memenangkan pertarungan memperebutkan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur di gedung Sate, Bandung. "Feeling atau 'ramalan' saya, tiga nama Cagub yaitu Aher (Ahmad Heryawan), Dede, dan Rieke yang kemungkinan besar tampil sebagai juara di Jabar," pakar politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanudin Muhtadi, di kampus Unpad, Kota Bandung, Kamis (20/12).

Menurutnya, potensi ketiganya lebih besar ketimbang pasangan Yance-Tatang, serta Dikdik-Toyib. Ia pun punya alasan kenapa tiga nama Cagub Jabar tersebut memiliki peluang menang. "Ketiganya (Aher, Dede, Lex) punya modal popularitas dan sekaligus elektabilitas yang lebih unggul ketimbang dua calon lainnya itu," ujarnya.

Bagi Burhanudin, poin plus menaungi Aher lantaran berposisi sebagai incumbent. Selain itu, ia menilai Aher punya pendamping tepat dengan 'menggaet' Deddy Mizwar. "Kalau tak ada Deddy Mizwar, berat buat Aher. Saat memilih Deddy, maka nama Aher tak bisa disepelekan untuk muncul menjadi calon pemenang," ucapnya.

Melihat kiprah Dede Yusuf, jelas Burhanudin, jarang ditemukan di Indonesia sosok wagub yang memiliki popularitas dan elektabilitas lebih unggul dari gubernur. Kini Dede yang mencalonkan jadi cagub bersama mantan Sekda Pemprov Jabar Lex Laksamana berpotensi kuat meraih kemenangan. "Tapi Dede punya lawan seimbang setelah Deddy Mizwar berhasil ditarik Aher," jelasnya.

Meski begitu, tampilnya Rieke tak bisa diremehkan. Sebagai Cagub wanita satu-satunya yang meramaikan pesta Pilgub Jabar 2013, Rieke bisa menyalip Aher dan Dede. "Rieke memiliki popularitas karena keartisannya. Selain itu, punya track record positif sebagai anggota DPR RI. Ia didukung pendamping kuat yang selama ini dikenal pegiat antikorupsi. Rieke-Teten yang didukung mesin partai solid PDIP bisa mucul sebagai calon pemenang," tutur Burhanudin.

Siapa lebih unggul dari ketiga nama tersebut? "Saya belum bisa mengatakan siapa yang lebih unggul diantara ketiga pasangan itu. Saat ini mereka sama kuat, belum bisa dianalisa. Apalagi, saya belum ada data terbaru," jawab Burhanudin diplomatis.

Sementara itu, Ketua Tim Pokja Kampanye KPU Jabar Teten W Setiawan memastikan pihak KPU memberikan lampu hijau bagi kelima pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang maju dalam Pilgub untuk memasang baliho, poster, atau spanduk promosi mereka. Namun tidak diperkenankan untuk mencantumkan nomor urut pasangan apalagi ajakan untuk mencoblos.

Hal itu diungkapkan Teten usai rapat sosialisasi kampanye di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, kemarin. Teten mengatakan bahwa pemasangan atribut kampanye diperbolehkan karena melihat pada faktanya di lapangan hal itu sudah banyak dilakukan. "Pada kenyataannya ada fakta baliho tidak terkendali. Kalau secara normatif itu (pasang baliho) bolehnya tanggal 7, berarti harus hilang sekarang. Tapi kan sekarang sekarang nyatanya ada," ujar Teten.

Namun dalam atribut kampanye yang dipasang tidak diperbolehkan mencantumkan nomor urut dan ajakan mencoblos. "Ada nomornya itu tidak boleh. Visi misi silakan. Itu kan untuk pendidikan masyarakat juga. Kalau melanggar, ya pasti akan diberikan sanksi administratif," imbuhnya. FER / HER

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger