' Cagub-Cawagub Jabar "Gembira" Dapat Nomor Urut - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Cagub-Cawagub Jabar "Gembira" Dapat Nomor Urut

Cagub-Cawagub Jabar "Gembira" Dapat Nomor Urut

Written By Angga Harja S on Wednesday, December 19, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Lima pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Cagub-Cawagub Jabar) telah mendapatkan nomor urut masing-masing sebagai peserta ajang Pilgub Jabar 2013. Pengambilan nomor urut dilakukan di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Selasa (18/12) malam. Saat mengambil nomor urut, para kandidat tidak bisa melihat isi kotak karena ditutup dengan kertas hitam. Namun, bagian kotak yang menghadap tamu undangan dibuat transparan agar mereka bisa langsung menyaksikannya.

Petahana (Cagub yang sedang menjabat gubernur) Ahmad Heryawan berpasangan dengan Deddy Mizwar yang diusung koalisi PKS, PPP dan Hanura, mendapat giliran pertama mengambil nomor undian, dan mendapatkan nomor urut 4. Kemudian Cagub dari Partai Golkar, Irianto MS Syafiuddin alias Yance yang tanpa didampingi pasangannya, Tatang Farhanul Hakim, mendapat nomor urut 2.

Selanjutnya, Dede Yusuf berpasangan dengan Lex Laksamana yang diusung koalisi Partai Demokrat, PAN, Gerindra dan PKB, mendapat nomor urut 3. Kemudian pasangan independen, Dikdik Mulyana yang berpasangan dengan Cecep Toyib mendapat nomor urut 1. Selanjutnya, pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki mendapatkan nomor urut lima.

Terkait hal itu, Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat mengatakan, nomor urut kandidat yang telah ditetapkan akan digunakan secara remsi pada surat suara, keperluan kampanye dan ditempatkan pada TPS. "Setelah penetapan nomor urut ini, partai pengusung dilarang melakukan pergantian calon," kata Yayat.

Sementara itu, menanggapi nomor urut yang didapatnya, para Cagub/Cawagub cenderung mengaitkan nomor urut dengan jargon yang akan diusung pada masa kampanye mendatang. Seperti Dikdik-Toyib, mengaku nomor urut satu akan digunakan melalui satu salam tabik. "Saya tidak mendewakan nomor, namun yang pasti nomor satu paling duluan sehingga harus siap secara mental," ujar mantan Kapolda Sumsel ini.

Lain halnya dengan Yance-Tatang, nomor urut dua akan digunakan berbentuk 'peace' (salam damai). "Nomor dua sesuai dengan angka kejayaan Golkar pada masa Orde Baru, dan nomor ini sudah diramalkan," kata Yance sumringah. Sementara itu, Dede Yusuf-Lex Laksamana, mengatakan nomor urut tiga akan digunakan dengan lambang tangan 'metal'. "Dan bagi saya, nomor tiga adalah angka keberuntungan karena saya bisa menang dengan nomor ini pada saat Pilgub 2008 lalu," cetus Dede.

Sementara komentar Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar terkesan memaksakan. Mereka mengaku nomor urut empat akan digunakan dengan empat jari. "Nomor empat sesuai jargon dan lambang kancing yang dikenakan memiliki empat lubang. Selain itu, nomor empat kan menang di Bekasi semoga bisa terbawa kesini," jelas Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Yang lebih afdol mungkin nomor urut Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki atau Paten. Mereka menyebutkan nomor urut lima akan digunakan dengan melebarkan jari tangan. "Sesuai dengan Pancasila yang memiliki lima dasar sehingga sesuai dengan tujuan kami yang berkeinginan membuat Jabar sebagai Laboratorium Pancasila," imbuh Rieke yang juga anggota DPR RI ini. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger