' BJB Targetkan Peningkatan Transaksi Jasa Pengiriman Uang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » BJB Targetkan Peningkatan Transaksi Jasa Pengiriman Uang

BJB Targetkan Peningkatan Transaksi Jasa Pengiriman Uang

Written By Angga Harja S on Tuesday, December 18, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG(LJ)- Bank BJB Tbk menargetkan remitansi atau transaksi melalui jasa pengiriman uang pada 2013 sebesar Rp 30 miliar atau naik 400% dibanding prediksi realisasi tahun ini yang senilai Rp 6 miliar. Penetapan target agresif ini, setelah melihat besarnya potensi pasar dan kelengkapan infrastruktur bank.

"Potensi remitansi atau incoming transfer itu cukup besar, bahkan bisa mencapai Rp 100 triliun per tahun. Potensinya cukup besar, apalagi dengan banyak pelajar Indonesia yang sekolah di luar negeri," ujar Dirut BJB Bien Subiantoro di sela-sela "BJB Fun Bike Goes Green", di Jakarta,kemarin .
 
Dikatakan, hingga Oktober, remitansi Bank BJB sudah mencapai Rp 4 miliar dan diprediksikan akan mencapai Rp 6 miliar pada akhir tahun.

Menurut Bien, potensi bisnis remitansi juga ditunjang oleh banyaknya tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Contoh, jumlah TKI yang ada di Malaysia diperkirakan mencapai sekitar 300.000 orang. Kondisi serupa terjadi di sejumlah negara lain, seperti Hong Kong dan Taiwan dengan jumlah TKI ratusan ribu orang.
 
Dikatakan, pihaknya telah memiliki program layanan "BJB Quick Cash" untuk mendongkrak bisnis jasa remitansi. Awalnya, bank dengan kode saham BJBR tersebut bekerja sama dengan Western Union untuk melayani remitansi.Selain itu, Bank BJB juga memiliki bank koresponden di negara Malaysia, Taiwan dan Hong Kong untuk menunjang kinerja keuangan. "Kami akan memperluas kerja sama dengan bank koresponden lain di Timur Tengah, Korea, Jepang, dan Australia," katanya.
 
Perluasan kerja sama dengan bank koresponden, lanjut Bien, merupakan salah satu langkah strategis untuk mengembangkan bisnis remitansi ke depannya. Di sisi lain, Bank BJB juga memutuskan lebih agresif mengakuisisi nasabah baru, terutama untuk produk tabungan.

Bank BJB menargetkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) melalui tabungan mencapai Rp 15 triliun pada tahun depan. "Potensi nasabah tabungan perorangan di luar Jabar sangat besar. Karenanya, BJB akan terus ekspansi bisnis dengan menambah jumlah nasabah tabungan terutama di luar kawasan Jawa Barat, seperti Banten," paparnya.

Guna merealisasikan target itu, Bank BJB sudah menyiapkan sejumlah langkah setrategis, di antaranya meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat di semua kawasan. Salah satunya, melalui kegiatan BJB Fun Bike Goes Green,imbuhnya seraya mengatakan acara sepeda santai dan bantuan penghijauan tersebut sebagai sarana sosialisasi produk perbankan perseroan.
 
Kegiatan ini juga turut mengukir rekor nasional di mana dilakukan pengumpulan sampah oleh 2.900 anggota komunitas sepeda di Jakarta. Rekor tersebut masuk dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).Bien mengatakan, kegiatan ini juga merupakan wujud apresiasi perseroan terhadap warga Jakarta dan para nasabah sehingga memotivasi perseroan terus mengembangkan bisnisnya di Ibukota.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger