' Angklung Toel, Inovasi Anak Negeri Siap Mendunia - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Angklung Toel, Inovasi Anak Negeri Siap Mendunia

Angklung Toel, Inovasi Anak Negeri Siap Mendunia

Written By Angga Harja S on Thursday, December 20, 2012 | 7:00 AM


ANGKLUNG sebagai warisan budaya harus terus dilestarikan agar tetap eksis. Kini, sebuah angklung model terbaru pun diciptakan. 'Angklung Toel' yang cara memainkannya mirip piano.

Angklung Toel adalah sebuah inovasi baru dari angklung konvensional yang diciptakan oleh Kang Yayan, yang merupakan anak keenam Abah Udjo Ngalagena. Tekadnya yang ingin terus mengembangkan angklung pun terwujud dengan hadirnya Angklung Toel di masyarakat.

"Saya kan pengajar angklung juga, nah ketika mengajarkan angklung melodi kepada ibu-ibu secara individual mereka merasa kesulitan. Sehingga terpikir untuk membuat angklung ini agar mempermudah orang-orang untuk memainkannya," tutur Kang Yayan Udjo.

Angklung Toel ini merupakan buah karya dari riset yang dilakukannya sejak 2008 di Yordania. Perbedaan Angklung Toel dan angklung yang selama ini dikenal masyarakat terletak pada penempatannya. Angklung Toel merupakan kumpulan angklung yang disusun dua baris dan digantung secara terbalik. Pembuatan Angklung Toel ini pun hampir sama dengan angklung biasanya, perbedaannya hanya pada tahap akhirnya saja dimana angklung disusun terbalik.

Adanya Angklung Toel ini pun selain memberikan warna baru dalam dunia angklung, angklung ini pun membuat cara memainkannya menjadi lebih mudah dan sederhana. Cara memainkannya pun cukup unik hampir mirip dengan memainkan piano. Orang yang ingin memainkan Angklung Toel cukup 'menoel' (menyentuh) angklung yang ingin dimainkan sesuai nadanya.

"Ya ingin mempermudah saja, kalau selama ini angklung konvensional harus dimainkan secara missal, Angklung Toel ini dapat dimainkan oleh satu orang saja. selain itu juga, agar orang tidak cepat bosan dengan angklung," ujar Kang Yayan ketika dihubungi Okezone melalui telefon baru-baru ini.

Sebenarnya, launching Angklung Toel ini sudah dilakukan pada tahun 2010 silam, bahkan hak paten terhadap angklung ini pun sudah didapatkan. Namun, karena keberadaannya yang masih baru, maka pengenalan Angklung Toel kepada masyarakat pun terus dilakukan, di antaranya dengan memamerkan angklung ini di beberapa mall besar di Bandung dan Jakarta. Terakhir, Angklung Toel ini turut mengiringi ketika NOAH menggelar konsernya di Bandung baru-baru ini.

"Kalau untuk pertunjukan besar mungkin belum, karena saya juga masih mencari pemain dan aransemen yang pas, namun kalau pertunjukan yang seperti biasa sudah pernah dilakukan di Saung Angklung Udjo. Saya juga sekarang sedang mencoba untuk memainkan music jazz menggunakan angklung ini," ujarnya menjelaskan.

"Harapan saya ke depannya Angklung Toel ini menjadi keharusan bagi setiap orang untuk memilikinya, ya seperti orang-orang punya piano sekarang. Tapi untuk membuatnya menjadi kenyataan juga saya terus melakukan penyempurnaan pada Angklung Toel ini," pungkasnya. (OKZ)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger