' Aceng "Bentrok" Dengan Mendagri dan Gubernur Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Aceng "Bentrok" Dengan Mendagri dan Gubernur Jabar

Aceng "Bentrok" Dengan Mendagri dan Gubernur Jabar

Written By Angga Harja S on Friday, December 28, 2012 | 7:00 AM


BOGOR - Pasca sidang paripurna DPRD Kabupaten Garut yang merekomendasikan pemberhentian Aceng HM Fikri dari jabatan Bupati Garut kepada Mahkamah Agung (MA), kini Aceng berbalik melawan. Bahkan dengan gagah berani, Aceng melaporkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Pansus DPRD Garut, serta Pimpinan DPRD Garut ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Kuasa hukum Aceng, Eggy Sujana, diam-diam sudah melaporkan para pejabat tinggi tersebut ke Bareskrim Polri pada Rabu (26/12) lalu. Eggy menjelaskan alasan pelaporan itu, yaitu Mendagri serta Kapuspennya, dan Gubernur Jawa Barat telah pencemaran nama baik Aceng. “Pertama, Gubernur menyampaikan ke Mendagri, menyampaikan ke Kapuspen bahwa Aceng Fikri mengakui kesalahannya dan harus mundur karena telah melanggar Undang-undang,” terang Eggy saat dihubungi, Kamis (27/12).

Padahal menurutnya, Aceng tidak pernah mengakui kesalahannya depan Gubernur Jawa Barat. Eggy mengatakan, saat itu Mendagri juga menganggap Aceng telah melanggar pasal 2 ayat 2 undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan. “Ucapan Mendagri mempengaruhi jalannya sidang paripurna,” jelas Eggy yang pada awal reformasi bergulir dikenal sebagai motor para aktivis yang tergabung dalam Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) itu.

Sementara itu, Pimpinan DPRD dan Pansus DPRD Garut dilaporkan karena dianggap telah melanggar tata tertib sidang saat itu. Sidang yang seharusnya tertutup malah terbuka dan dimasuki demonstran. Dalam pelaporannya itu, Aceng membawa sejumlah barang bukti diantaranya hasil cetakan pemberitaan media online. “Saya bawa bukti hasil dari berita-berita online,” ujarnya.

Aceng pun terancam diberhentikan sebagai Bupati Garut. Eggy menyayangkan pernikahan kliennya diributkan banyak pihak. Menurut Eggy, Aceng dan pihak perempuan pun sudah tidak ada masalah. “Terlepas kontroversi dia sah. Sebaiknya jangan dipersoalkan, Aceng dan Fani juga sudah damai,” tandasnya

Sebagai informasi, saat ini Aceng diusulkan untuk dipecat dari jabatannya sebagai Bupati Garut karena menikah hanya dalam waktu empat hari dengan Fany Oktora yang masih berusia 18 tahun. Sebelumnya Aceng juga telah menggugat DPRD Garut ke Pengadilan Tata Usaha Negara yang mengusulkan pemberhentian Aceng sebagai Bupati. Kemarin, Kuasa Hukum Aceng pun Aceng mendatangi Mahkamah Agung untuk berkonsultasi dan mempertanyakan landasan hukum rekomendasi DPRD tersebut.

Menanggapi laporan kuasa hukum Aceng itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan dirinya siap untuk bertanggung jawab. "Kalau memang iya, saya siap bertanggung jawab," ujar Gamawan Fauzi, saat ditemui di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, kemarin. Gamawan lebih lanjut menyebutkan, dirinya memang menyebutkan di beberapa kesempatan, Aceng telah melakukan pelanggaran hukum.

Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang wajar karena Aceng diangkat melalui SK Mendagri. "Dia jelas dilantik karena ada SK Menteri Dalam Negeri. Tugas saya menurut Pasal 222 sebagai Mendagri adalah koordinator pembinaan penyelenggaraan negara. Kalau orang yang menandatangani beri pendapat itu boleh dong, dia mesti tahu itu," tegas Gamawan.

Mengenai ancaman kerusuhan yang terjadi di Garut apabila Aceng diturunkan, Gamawan menanggapi hal tersebut dengan santai. Menurutnya dengan ancaman tersebut malah akan membuat pihak keamanan dengan gampang mengetahui aktor intelektual dibalik kerusuhan tersebut. "Kalau begitu kita sudah tahu otak kerusuhan itu, intelektualnya sudah tau kalau akan terjadi kerusuhan, sudah ada mengancam dari sekarang, tinggal menangkap saja nanti," imbuhnya. CPS/JUL/BDN
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger