' Sepupu Dede Yusuf Bakal Maju di Pemilihan Bupati Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sepupu Dede Yusuf Bakal Maju di Pemilihan Bupati Bogor

Sepupu Dede Yusuf Bakal Maju di Pemilihan Bupati Bogor

Written By Angga Harja S on Tuesday, November 27, 2012 | 7:00 AM

KAB.BOGOR - Pemilihan Bupati (Pilbub) Bogor baru akan digelar pada akhir 2013 mendatang. Selain lima nama kandidat calon bupati (cabup) yang akan melawan incumbent Rachmat Yasin, nama mantan Ketua DPD Partai Golkar dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Fitri Putra Nugraha, juga mulai menyeruak ke permukaan. Menariknya, politisi muda yang populer dengan sapaan Nungki itu, merupakan sepupu Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf dan juga keponakan tiri Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda.

Selain itu pula, Nungki adalah putra sulung mantan Bupati Bogor periode 1998-2008, mendiang Agus Utara Effendi. Tak heran, dengan bekal latarbelakang sebagai bagian dari keluarga besar yang menduduki sejumlah jabatan penting di wilayah Jawa Barat itu, anggota Fraksi Golkar DPRD Kab.Bogor itu diyakini banyak pihak akan menjadi "kuda hitam" meskipun saat ini dia tidak menduduki jabatan penting di struktural Partai Golkar.

"Figur Nungki masih layak dimajukan ke Pilbup, apalagi dia masih punya pengaruh kuat di grass root Golkar. Bahkan, dalam survei internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum lama ini, nama Nungki masuk ke lima besar dan bahkan mengalahkan Ketua DPD Golkar Kab.Bogor, Ade Ruhendi Jaro. Karena itu, saya yakin dia akan kembali berlaga di Pilbup. Tapi saya belum yakin dia maju sebagai calon bupati atau wakil bupati," kata pakar politik dari Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah (LPPD) Freddy PH Pasaribu kepada LINGKAR JABAR, Senin (26/11).

Freddy yang juga dosen di Universitas YAI itu menyebutkan elektabilitas Nungki belum pudar. Bahkan sekalipun saat ini Nungki tidak lagi memegang jabatan penting di partai dan parlemen, sejumlah kandidat cabup juga mewaspadai kemungkinan majunya Nungki. "Apalagi, keluarga Nungki itu memiliki jaringan politik yang kuat dan luas. Itu cukup jadi modal awal untuk maju ke Pilbup kok," ujarnya.

Sayangnya, Nungki sendiri ketika diminta tanggapannya mengaku tidak berminat membahas masalah Pilbup 2013. Alasannya, dia kini tidak berambisi lagi untuk maju ke gelanggang Pilbup lantaran ingin fokus mengabdi sebagai wakil rakyat. "Selain itu, kita masih melihat Pilgub Jabar yang sedang berlangsung prosesnya. Saya sebagai kader Golkar, tentu harus membantu pemenangan Kang Yance-Tatang. Sekali lagi, jangan tanya soal Pilbup ya," kata dia.

Untuk diketahui, selain nama Karyawan Faturrahman, Ketua DPC PDIP Kab.Bogor yang saat ini menjabat Wakil Bupati, Ketua DPD Partai Golkar Kab.Bogor Ade Ruhendi Jaro juga disebut akan maju ke Pilbup. Bahkan, Wakil Ketua DPRD Kab.Bogor ini sudah berani tampil terang-terangan dengan menebar ratusan spanduk dan baliho bertema "Ade Ruhendi Jaro for Bupati Bogor" di berbagai lokasi strategis.

Selain kedua politisi senior tersebut, sejumlah elit parpol juga mulai membicarakan kemungkinan kembali majunya Iyus Djuher yang pernah mencalonkan diri sebagai cabup pada Pilbup 2008 lalu. Nama Iyus mencuat lagi setelah dia berhasil 'merebut' kursi Ketua DPRD Kab.Bogor dari mendiang HM.Adjat Sudrajat pada awal 2012 ini. Menurut seorang politisi Demokrat, Iyus yang kini menjabat Sekretaris DPC Partai Demokrat Kab.Bogor sudah berancang-ancang untuk menghadapi Pilbup.

Pilbup Bogor 2013 nanti juga akan diramaikan dengan majunya cabup independen Alex Sandi Ridwan, Kepala Desa Sentul yang juga seorang pengusaha. Belum lama ini, Alex tanpa ragu langsung mendeklarasikan dirinya sebagai cabup independen dan tancap gas berkeliling ke desa-desa di wilayah Kabupaten Bogor.

Tak cuma Alex, pengusaha barang rongsokan yang juga pernah menjadi cabup pada Pilbup 2008 lalu, Maman Daning, dikabarkan juga sudah siap untuk berlaga kembali di Pilbup 2013. Maman disebut-sebut sudah mempersiapkan diri melalui bendera Partai Gerindra dan sejumlah parpol kecil non parlemen. Bahkan, Maman pun sudah kebanjiran pelamar dari kalangan pejabat Pemkab Bogor yang berniat menjadi calon wakil bupati pendamping Maman jika maju nanti. BSR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger