' RM Suko Mananti Disidak Petugas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » RM Suko Mananti Disidak Petugas

RM Suko Mananti Disidak Petugas

Written By Angga Harja S on Wednesday, November 28, 2012 | 7:00 AM

KAB.BOGOR, (LJ)-Tim UPT Puskesmas dan Muspika Ciawi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RM Padang Suko Mananti di Jalan Raya Mohamad Toha, tepatnya disamping Kantor Kecamatan Ciawi, kemarin. Sidak dilakukan terkait ditemukannya potongan daging ayam goreng busuk dipenuhi belatung oleh Eko Rosandi (35), salah seorang pelanggan asal Tajur, Kota Bogor, Senin (27/11) lalu.

Di lokasi, petugas tak menemukan sampel makanan yang mencurigakan. Namun cukup mengejutkan, saat melongok ke dapur, kondisinya jauh dari bersih. Seperti tempat cuci yang kotor serta tempat penyimpanan bahan makanan (lemari es) yang tidak higienis.

Mamat Wahdiat, Tim Kesehatan Lingkungan (Kesling) UPT Puskesmas Ciawi menuturkan, kondisi tempat pengolahan yang kurang bersih dimungkinkan menjadi penyebab munculnya belatung dari ayam goreng. "Sementara ini kita tidak bisa memastikan apa penyebabnya. Karena harus melalui proses pemeriksaan lab dulu. Tapi cukup dimungkinkan itu terjadi karena faktor minimnya kebersihan di lokasi pengolahan," kata dia kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Sementara itu, Camat Ciawi Agus Manjar akan secara intensif berkoordinasi dengan unsur-unsur terkait. "Persoalan makanan, pastinya menjadi persoalan mendasar. Jangan sampai ini terjadi di tempat makan lainnya. Karenanya, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta Tripika. Selanjutnya akan dilakukan pembinaan terhadap jenis usaha serupa yang ada di wilayah ini," paparnya.

Ironisnya, Yeni pemilik RM tetap bersikeras jika hal itu terjadi karena kesalahan pihaknya. Bahkan ia balik menyalahkan hal itu karena kesalahan pengirim ayam. "Saya sudah 15 tahun buka usaha ini, tapi tak pernah ada komplain tuh. Kalau mau datangi saja rumah pemotongan ayam. Atau mungkin ini bisa-bisanya yang makan (pelanggan) saja," bantahnya. ASP

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger