' PT. Pertamina Balongan Kucurkan Ganti Rugi Kepada Petani Indramayu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PT. Pertamina Balongan Kucurkan Ganti Rugi Kepada Petani Indramayu

PT. Pertamina Balongan Kucurkan Ganti Rugi Kepada Petani Indramayu

Written By Angga Harja S on Friday, November 30, 2012 | 7:00 AM

INDRAMAYU (LJ) – Meski harus melalui proses panjang, sebanyak 1626 petani nelayan di Kecamatan Indramayu yakni Desa Balongan, Pasekan dan Cantigi yang lahan pertaniannya terkena pencemaran crude oil di perairan Indramayu bermula dari adanya kebocoran di floathing hose di SBM 150.000 DWT milik Pertamina RU VI Balongan, 14 September 2008, saat ini bisa bernafas lega. Pasalnya, rencananya pihak managamen Pertamina RU VI Balongan akan melakukan pembayaran ganti rugi tahap kedua kepada ribuan para petani nelayan tersebut sebesar Rp.11 miliar.

 "Memang di bulan Desember pihak Pertamina akan melakukan pembayaran ganti rugi tahap kedua kepada ribuan petani di Indramayu," ungkap Z. Joko Hatawan, fasilitator Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Bentuk ganti rugi tersebut, kata Joko berdasarkan hasil kesepakatan yang sudah dibangun dengan beberapa pihak terkait sangat berfariasi, dari yang paling terkecil mereka terima sebesar Rp.2,6 juta – Rp.19 juta.

 “Jenis pengganti jaring blandak, mereka akan mendapatkan uang sebesar Rp.2,7 juta, ngentek Rp.2,9 juta, Sero Rp.6 juta dan yang paling tertinggi jaring rampus sebesar Rp.19 juta," ujarnya.

Saat ditanya untuk pemberian ganti rugi nelayan diwilayah desa penyagga ring I Pertamina RU VI Balongan, Joko menjelaskan, untuk pembayaran ganti rugi tahap kedua ini diberikan kepada petani Desa Balongan sebanyk 231 orang, petani Desa Majakerta 28 orang dan Desa Tegalurung 74 orang.

 “Kami berharap para petani yang sudah diprioritaskan tersebut, hak-hak mereka untuk menerima ganti rugi jangan kemudian dimanfaatkan oleh pihak yang akan merugikan dengan cara memotong atau lainnya," paparnya.

Sebagai fasilitator penyerahan ganti rugi, pihaknya mengagendakan pelaksanaannya dilakukan di Pendopo Indramayu yang diketahui mediator dari Universitas Airlangga Surabaya, Bupati Indramayu, Unsur Muspida, Fasilitator KLH dari Kementerian KLH dan tokoh masyarakat Indramayu.

Usai menghadiri penyerahan dana CSR Pertamina di sektor pendidikan di Bumi Patra Indramayu belum lama ini, Bupati Indranmayu, Hj.Anna Sophanah berharap, pihak pertamina untuk dapat membantu masyarakat sekitar ring satu seperti Desa Balongan, Sukareja, Majakerta, Sukaurip dan Rawadalem menjadi prioritas pemberiaan secara khusus dan tanpa persyaratan. Karena mereka yang kena imbas paling utama akibat pencemaran lingkungan tersebut.

Sementara, Humas PT. Pertamina RU VI balongan, Yudi Nugraha membenarkan perusahaannya akan melakukan pembayaran ganti rugi tahap ke 2 yang sebelumnya sudah dilakukan sekitar tahun 2010 sebesar Rp.100 miliar.

 "Untuk pencairannnya akan difasilitasi Kantor Lingkungan Hidup di Pendopo Indramayu. Saat ini tinggal menunggu waktu saja, dan dipastikan sekitar bulan Desember sudah bisa diserahkan kepada para petani," tukasnya saat dihubungi. IHS


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger