' Peningkatan Citra Produk Rotan & Bambu Melalui Penciptaan Desain Unggul - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Peningkatan Citra Produk Rotan & Bambu Melalui Penciptaan Desain Unggul

Peningkatan Citra Produk Rotan & Bambu Melalui Penciptaan Desain Unggul

Written By Angga Harja S on Tuesday, November 27, 2012 | 7:00 AM

Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan berbagai sumber daya alam baik flora maupun fauna yang dapat dikembangkan bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) mencatat bahwa Indonesia merupakan negara penghasil bahan baku rotan terbesar di dunia. Diperkirakan 85% bahan baku rotan di seluruh dunia dihasilkan oleh Indonesia di tahun 2011, sisanya dihasilkan oleh negara lain seperti : Philippina, Vietnam dan negara-negara Asia lainnya. Hal ini merupakan sebuah anugerah dan menjadi sebuah keunggulan yang seharusnya mampu dimanfaatkan untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia. Rotan dan bambu akan bernilai tinggi setelah diolah menjadi barang jadi. Untuk itu, diharapkan Indonesia tidak hanya sebagai penghasil bahan baku rotan dan bambu saja, namun juga mampu menjadi penghasil produk jadi rotan dan bambu terbaik di dunia.

Namun, minimnya desain dan karya inovatif menjadi kendala terbesar bagi daya saing produk rotan Indonesia di pasar internasional. Kondisi tersebut diperparah oleh maraknya plagiat di dalam negeri yang membuat para desainer semakin tidak termotivasi.

Forum temu bisnis rotan ini diselenggarakan untuk mengupas seputar isu bisnis rotan dan bambu. Temu bisnis bertujuan untuk menjelajah peluang kemitraan potensial antara insan kreatif pengrajin rotan bambu dan pelaku usaha rotan bambu, serta menjembatani para pelaku kreatif untuk dapat mempresentasikan dan menampilkan karya kreatif mereka dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Temu bisnis rotan dan bambu ini akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) dan diselenggarakan pada tanggal 22 November 2012. Dalam forum ini akan hadir Singgih Kartono (Magno Design), dan Dewi Tanjung (deTanjung) Elizabeth Anita (LIPI) Ben Wirawan (Mahanagari). Dalam forum ini akan dibahas mengenai Peningkatan Citra Produk Rotan & Bambu Melalui Penciptaan Desain Unggul, sehingga mampu memacu pengembangan produk rotan bambu, dengan mengembangkan produk baru dengan manfaat dari keunikan rotan itu sendiri, seperti mempertimbangkan mobility, desain, keunikan dan lain-lain yang dapat menarik/mendorong konsumen lokal maupun internasional untuk membeli produk rotan dan bambu.

Secara khusus, target audiens yang dituju untuk forum ini adalah 100 pemilik usaha, start up, praktisi industri kreatif di bidang rotan dan bambu, serta perwakilan pemerintah, intelektual, investor, venture capital, business consultant, asosiasi, media, dan komunitas terkait. PRC/ANG
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger