' Pameran Kriya Indonesia Tampilkan Karya Kreatif - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pameran Kriya Indonesia Tampilkan Karya Kreatif

Pameran Kriya Indonesia Tampilkan Karya Kreatif

Written By Angga Harja S on Friday, November 30, 2012 | 7:00 AM

JAKARTA - Direktur Pengembangan Seni Rupa Watie Moerany, mewakili Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Ukus Kuswara membuka Pameran Kriya Indonesia yang bertemakan “Indonesia Conteporary Fiber Art” di Art 1 New Museum ,Jalan Rakawali ,Jakarta Pusat .Pameran yang menggelar karya anak bangsa.

Watie mengatakan, seni kriya adalah cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan dalam proses pengerjaannya. Bahan baku yang yang diolah pun kebanyakan berada di lingkungan sekitar. Namun di tangan kriyawan, bahan baku yang yang sederhana itu menjadi benda-benda yang memiliki nilai fungsi, estetis, dan seni.

Salah satu bahan kriya yang menjadi topik pada pemaran Kriya Indonesia adalah serat. Karya seni serat dengan teknik anyam menjadi sebuah ‘karya’ atau sebuah ’produk’ dalam hal ini dimaksudkan untuk memberi ciri hasil-hasil karya dalam fungsi secara khas.

Menurut Watie, di Indonesia masih banyak potensi-potensi seni rupa yang bisa dikenalkan kepada masyarakat umum. Bahkan karya-karya yang dihasilkan tidak sekadar menjadi koleksi, tapi juga nilai jual tinggi. Jadi produk yang dihasilkan perupa Indonesia tidak kalah dengan buatan luar negeri.

Kulitas karya perupa Indonesia, lanjut Watie, bisa dilihat dalam Pekan Produk Kreatif Industri yang digelar di Epicentrum Walk, Kawasan Kuningan Jakarta Selatan dan Pameran Kriya Indonesia. Dalam ajang tersebut ditampilkan karya-karya yang belum pernah diekspor di pameran sebelumnya. Kualitas karya yang ditampilkan cukup terjamin karena melewati seleksi dan penilaian kurator Asmudjo J. Irianto dan Rizki A. Zaelani .

Sementara itu Monica Gunawan selaku penyelenggara Kriya Indonesia menambahkan, Pameran Kriya Indonesia memberikan wadah kepada para seniman Indonesia untuk menampilkan karya terbaiknya. Para seniman perlu mendapatkan apresiasi yang terlah begitu kreatif dalam menghasilkan karya baik tempoler maupun modern. PRC/ANG
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger