' Miliaran Rupiah Ditebar untuk Sosialisasi Pilgub Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Miliaran Rupiah Ditebar untuk Sosialisasi Pilgub Jabar

Miliaran Rupiah Ditebar untuk Sosialisasi Pilgub Jabar

Written By Angga Harja S on Thursday, November 29, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 tentu saja tak bisa lepas dari peran serta atau keterlibatan Organisasi Masyarakat (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perguruan tinggi dan lembaga atau organisasi lainnya di tengah masyarakat. Salah satu peran mereka, ialah menyelenggarakan acara atau kegiatan terkait sosialisasi Pilgub Jabar guna menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Untuk peran serta elemen masyarakat itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah mengalokasikan dana miliaran rupiah. Dana yang terbilang besar itu pun diharapkan dapat membantu sekaligus meringankan kerja KPU Jabar dalam upaya peningkatan pemahaman dan minat masyarakat menggunakan hak pilihnya di Pilgub.

"Total dana yang disiapkan sekitar Rp3,5 miliar yang akan diberikan kepada ormas dan lembaga yang menggelar kegiatan sosialisasi Pilgub Jabar," ujar Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat kepada wartawan di kantornya, Kota Bandung, Rabu (28/11). Dia menjelaskan, setiap ormas atau lembaga penyelenggara sosialisasi berhak mendapat anggaran dana itu. Asalkan, pihak penyelenggara sosialisasi mengajukan proposal kepada KPU Jabar.

Dia menuturkan setiap penyelenggara sosialisasi akan mendapat besaran dana hingga puluhan juta rupiah. Namun, KPU Jabar meminta penyelenggara sosialisasi membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana. "Dana yang diberikan bervariasi mulai dari Rp20 juta hingga Rp35 juta. Namun dana diberikan secara bertahap 70% terlebih dahulu sedangkan sisanya diberikan setelah laporan pertanggungjawaban," katanya.

Hingga kini, pihaknya telah mendata sekitar 60 ormas, LSM, dan perguruan tinggi yang akan menerima dana sosialisasi dari KPU Jabar. Namun, pihaknya masih membuka ormas yang akan mengajukan permintaan dana bantuan kegiatan sosialisasi Pilgub. "Sosialisasi Pilgub yang digelar Ormas diharapkan akan membantu kerja KPU Jabar," pungkasnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Jabar sekaligus Ketua Pokja Sosialisasi Ferdhiman menyatakan hanya 57% dari penduduk Jabar yang mengetahui bahwa tanggal 24 Ferbruari 2013 merupakan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013.

Melihat kondisi tersebut, pihak KPU Jabar akan melakukan sosialisasi intensif dengan cara melibatkan berbagai unsur masyarakat. "KPU Jabar meminta bantuan dan peran aktif ormas dan LSM penyelenggaraan pesta demokrasi masyarakat Jabar, sebab kita ingin meminimalisir jumlah pemilih golput atau yang tidak menggunakan hak pilih karena ketidaktahuannya terhadap pelaksanaan Pilgub," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan ormas dan LSM memiliki peran strategis untuk menumbuhkan partisipasi politik masyarakat. Ormas dan LSM dinilainya memiliki potensi besar memotivasi masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya dan memastikan diri tercatat sebagai pemilih oleh PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih). "Dana ini dapat harus dapat dipertanggungjawabkan melalui kegiatan paling sedikit menghadirkan 100 orang," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger