' HMPI dan BMI Tanam 500 Pohon Langka di Kota Hujan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » HMPI dan BMI Tanam 500 Pohon Langka di Kota Hujan

HMPI dan BMI Tanam 500 Pohon Langka di Kota Hujan

Written By Angga Harja S on Thursday, November 29, 2012 | 7:00 AM

BOGOR (LJ) - Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Indonesia (BMI) tingkat Kota Bogor tahun 2012 dipusatkan di RW 10 Kelurahan Rangga Mekar Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu (28/11).

Sebanyak 500 pohon dengan 22 jenis antara lain, pohon gandaria, Nam-nam, Somokeling, Rasamala, Mundu, pulau dan berbagai jenis pohon lainnya ditanam diareal seluas 9000 meter2. Penanaman dilakukan serempak dengan melibatkan perwakilan dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Kota Bogor, Dharma Wanita Persatuan, PKK, GOW (Gabungan Organisasi Wanita), Pramuka, Sekolah, dan masyarakat sekitar Kelurahan Rangga Mekar.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam sambutannya disampaikan Sekdakot Bogor Aim Halim Hermana mengatakan, HMPI dan BMN yang ke 5 diharapkan mampu menggalang dan membangkitkan semangat, motivasi, dan budaya masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon lebih giat dan lebih banyak demi kepentingan generasi penerus bangsa dimasa mendatang.

Penanaman diwilayah perkotaan (urban area) dimaksudkan untuk penghijauan lingkungan dan pembangunan hutan kota.Keberadaan RTH sangat strategis dihubungkan dengan konsep pembangunan kota yang memenuhi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. "Idealnya, RTH wilayah perkotaan minimal 30 persen dari luas Kabupaten/kota dan luas hutan kota minimal 10 persen dari luas Kabupaten/kota yang menjadi bagian dari ruang terbuka hijau," kata menteri.

Sekdakot Bogor Aim Halim Hermana berkesempatan ikut menanam pohon. “Pak Sekda menanam pohon Kapur (Critical Speis) karena tanaman tersebut merupakan salah satu jenis pohon yang langka,“ kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor Lilis Sukartini, kepada wartawan, disela-sela mendamping Sekda Bogor.

Menurut Lilis, dipilihnya lokasi penanaman diatas lahan seluas 9000 meter, karena lokasi tersebut akan dijadikan salah satu Ruang Tebuka Hijau (RTH) Kota Bogor yang ditata dengan Konsep Arboretum Kota. “Ini lahan aset Pemerintah Kota Bogor yang akan ditata menjadi RTH,“ kata Lilis.

Lebih lanjut Lilis mengatakan, HMPI danm BMI tingkat Kota Bogor merupakan rangkaian dari penanaman yang dilaksanakan oleh BPLH yang dimulai dari Bulan Oktober sampai bulan Desember nanti. Sebelumnya, penanaman telah dilakukan di sejumlah Kelurahan seperti di Kelurahan Tanah Baru Bogor Utara, Bojong Kerta Bogor Selatan. Selain itu di sekolah yaitu di SMK 4 dan SMP 17, serta di Perusahaan yaitu PT Nutrifood, dan PT Boerigel Ingelheim dan juga penanaman untuk Arboretum Kota di Kelurahan Kertamaya Bogor Selatan. ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger