' BPMPD Jabar Berharap PNPM Berkesinambungan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » BPMPD Jabar Berharap PNPM Berkesinambungan

BPMPD Jabar Berharap PNPM Berkesinambungan

Written By Angga Harja S on Friday, November 30, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG (LJ)-  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Jawa Barat (BPMPD Jabar) berharap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) terus dilanjutkan pemerintah pusat. Pasalnya, program itu sangat menunjang pemberdayaan masyarakat di perdesaan.Hal itu dikatakan Kepala BPMPD Jabar, Arifin H. Kertasaputra kepada wartawan saat ditemui di ruangan kerjanya kemarin.
  
Lebih lanjut dikatakannya, pemberdayaan masyarakat merupakan upaya penguatan masyarakat agar dapat memperoleh dan mengelola faktor-faktor produksi,imbuhnya seraya menerangkan penguatan masyarakat ditujukan agar masyarakat dapat menentukan pilihan masa depannya,tutur mantan Sekda Kab Karawang ini.
 
 Meurut Arifin , bantuan langsung masyarakat dari PNPM di Jabar mencapai Rp 542 miliar. "Total Rp 542 miliar itu, terdiri dari anggaran dari APBD Jabar Rp 39,6 miliar dan anggaran dari APBN Rp 502 miliar," jelasnya.
 
Adapun untuk implementas PNPM Jabar yaitu, PNPM Mandiri Perdesaan ada di 17 kabupaten, 421 kecamatan dan 4.213 desa."Sedangkan untuk PNPM Generasi itu ada di 7 kabupaten, 72 kecamatan dan 688 desa. Dan untuk PNPM Integrasi ada di 4 kabupaten, 493 kecamatan serta 4901 desa," terangnya.
  
BPMPD Jabar memiliki tugas dan tanggung jawab menciptakan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat, agar masyarakat berperan aktif dalam seluruh proses penyelenggaraan pembangunan desa dan perdesaan.Selain itu juga meningkatkan partisipasi dan peran kelembagaan masyarakat dalam pembangunan merupakan kebijakan Pemprov Jabar yang  tertuang dalam RJPMD jabar 2008-2013.
  
Ditambahkannya  BPMD Jabar  akan mewujudkan kemitraan pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pembangunan. Kita juga akan mendorong peningkatan kinerja pemerintah desa serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana desa," ujarnya.
 
Program pemberdayaan masyarakat sendiri terdapat pada semua misi, diantaranya menumbuhkembangkan ekonomi perdesaan dan fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana desa.di antaranya tersedianya air bersih perdesaan dan pemugaran rumah tidak layak huni. Menurutnya, saat ini upaya BPMPD Jabar demi mensukseskan program tersebut, antara lain melalui pendekatan pertumbuhan wilayah, metoda pembangunan desa terpadu (PDT), menumbuhkembangkan pusat pertumbuhan terpadu antar desa (PPTAD) serta pembangunan kawasan perdesaan berbasis masyarakat (PKPBM).
 
Sementara itu, PJO PNPM Jabar, M Edi Djunaedi mengatakan, pihaknya akan mendorong pemerintah pusat untuk melanjutkan program tersebut. PNPM merupakan program yang sangat ideal dalam pemberdayaan masyarakat dengan harapan dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Jabar.
  
"Meskipun belum ada data yang kuat tentang berkurangnya kemiskinan dan pengangguran tapi sebagian masyarakat telah merasakan manfaat PNPM. Manfaatnya suda karasa dan karaos," terangnya.
 
 Koordinator PNPM Mandiri Jabar, Sugiharto mengakui, PNPM Mandiri seakan-akan merupakan program yang seakan-akan eksekutif serta terpisah dari program lainnya. "Padahal tidak juga karena sasarannya sama, yakni pemberdayaan masyarakat. Kalaupun nanti dipadukan dengan Musrenbang itu merupakan langkah baru yang patut kita dorong, sehingga ada keterpaduan antar program. Pola ini sudah disiapkan pemerintah supaya eksklusif tidak ada lagi pemisahan," paparnya.(FER)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger