' Bank Indonesia Atur Perbankan Transparansi Suku Bunga Kredit - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Bank Indonesia Atur Perbankan Transparansi Suku Bunga Kredit

Bank Indonesia Atur Perbankan Transparansi Suku Bunga Kredit

Written By Angga Harja S on Wednesday, November 28, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengungkapkan, BI akan membuat surat edaran baru tentang Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) khususnya untuk sektor kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini, lanjut Darmin, akan membuat perbankan bisa transparan mengumumkan suku bunga kreditnya.

Dijelaskannya lagi, selama ini, BI hanya mengumumkan SBDK khusus kredit korporasi, ritel, KPR maupun non KPR. "Per 1 Januari 2013, kita akan keluarkan aturan terkait SBDK untuk UMKM. Kita harap ini bisa transparan, biar bunga UMKM bisa turun," kata Darmin di Komisi XI DPR Jakarta, Selasa (26/11/2012).

Menurut Darmin, pada 8 Februari 2011 lalu, bank sentral telah mengeluarkan surat edaran BI nomor 13/5/DPNP tentang transparansi informasi SBDK. Aturan ini berlaku sejak 31 Maret 2011 dengan masa transisi selama tiga bulan.

Adapun acuan dalam penerapan SBDK ini, kata Darmin adalah Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 7/6/PBI/2005 tentang Transparansi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah. "Sejak diterapkan SBDK ini memang terjadi penurunan suku bunga sekitar 60-70 basis poin (bps), khususnya pada Maret 2011 hingga Juni  2012," tambahnya.

Sementara Direktur Direktorat Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo menambahkan kebijakan transparansi SBDK ini justru membuat penurunan bunga kredit lebih tinggi dari penurunan suku bunga acuan BI (BI Rate). "Itu menjadi salah satu manfaat dengan adanya transparansi. Tapi apakah ini sudah optimal atau belum, ini kebijakan jangka panjang," tambahnya.

Kendati demikian, bank sentral akan terus menindaklanjuti dengan aturan tentang efisiensi perbankan, peningkatan fee based income dan kebijakan lain agar bunga kredit dari sektor apapun bisa lekas turun. "Tapi ini masih jangka panjang loh, tidak terburu-buru" pungkasnya. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger