' Warga Translok Bakal Mendapatkan Sertifikat Tanah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Warga Translok Bakal Mendapatkan Sertifikat Tanah

Warga Translok Bakal Mendapatkan Sertifikat Tanah

Written By dodi on Thursday, October 4, 2012 | 7:00 AM

CIANJUR (LJ)- Keinginan warga trasmigrasi lokal (Translok) di wilayah Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur untuk mendapatkan sertifikat tanah pekarangan yang mereka tinggali dalam waktu dekat akan terwujud. Pemkab Cianjur bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan segera mewujudkan impian warga translok korban kerusuhan itu.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, H. Sumitra melalui Sekretarisnya Rita Nanjar Prianti mengungkapkan, rencana untuk melakukan sertifikat tanah pekarangan warga translok di wilayah Ciakadu sudah masuk dalam tahap persiapan. Dinsosnakertrans telah menggelar rapat koordinasi dengan Camat Cikadu dan pihak BPN Kabupaten Cianjur.

"Rencananya untuk sertifikat lahan pekarangan itu akan didanai dari ABD Cianjur dan akan dilaksanakan pada akhir tahun 2012 ini. Saat ini masih dalam persiapan, menunggu anggaranya cair bari sosialisasi ke warga," kata Rita, kemarin.

Rencana pembuatan sertifikat gratis bagi warga translok tersebut diperuntukkan bagi 1.130 Kepala Keluarga (KK) di tiga lokasi yakni di blok Sukasari, Koleberes, dan Camaul, Kecamatan Cikadu. Untuk lokasi di blok Koleberes terdiri dari 525 KK, dengan luas lahan lahan masing-masing pekarangan 500 meter persegi/bidang, blok Camaul 305 KK dengan lahan pekarangan masing-masing 500 meter persegi/bidang dan di blok Sukasari 300 KK dengang luas lahan pekarangan masing-masing 1.000 meter persegi/bidang.

"Selain memiliki lahan pekarangan, warga translok juga mendapatkan lahan usaha. Untuk warga yang berada di blok Camaul mendapatkan lahan usaha masing-masing sekitar 8.000 meter persegi/KK, blok Sukasari 7.500 meter persegi/KK, dan blok Camaul 8.000 meter persegi/KK. Namun untuk program sertifikat geratis baru dilaksanakan buat lahan pekarangan saja, untuk lahan usaha belum," jelasnya.

Seorang warga translok di blok Koleberes mengaku sangat senang, terhadap rencana Pemkab Cianjur yang akan mensertifikatkan tanah pekarangan bagi warga translok secara geratis. Harapanya bertahun-tahun untuk mendapatkan sertifikat tanah atas lahan pekarangan yang ditempatinya dalam waktu dekat akan terwujud.

"Ini sudah menjadi harapan kami bertahun-tahun lalu. Dengan adanya sertifikat tanah ini, kami merasa dihargai sebagai warga translok. Mudah-mudahan saja tidak hanya lahan pekarangan yang disertifikatkan, tapi juga lahan usaha," harap seorang warga translok yang pernah menjadi korban kasus Gerakan Aceh Merdeka (Gam) beberapa tahun lalu. (AGS)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger