' Tunggakan Jamkesmas Pemkot dan Pemkab Sukabumi Miliaran Rupiah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tunggakan Jamkesmas Pemkot dan Pemkab Sukabumi Miliaran Rupiah

Tunggakan Jamkesmas Pemkot dan Pemkab Sukabumi Miliaran Rupiah

Written By dodi on Tuesday, October 16, 2012 | 7:00 AM

SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot) dan Kabupaten (Pemkab) Sukabumi memiliki tunggakan pembayaran Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH yang jumlahnya cukup fantastis, yaitu sebesar Rp4 miliar hingga Rp5 miliar.

"Tunggakan Jamkesda tersebut merupakan rekapan klaim dalam beberapa bulan terakhir," kata Direktur Utama RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi Suherman kepada wartawan di sela-sela kegiatan Tour Kids the Hospital, Senin (15/10). Menurutnya, hingga saat ini tunggakan tersebut belum berpengaruh pada operasional layanan.  Pasalnya RSUD tidak sepenuhnya melayani pasien asuransi seperti Jamkesda atau Jamkesmas.

"Pasien yang memakai asuransi kesehatan dan mengandalkan klaim sekitar 72%. Sedangkan pasien umum yang langsung membayar sekitar 28% sehingga rumah sakit masih menerima pemasukan dari pasien umum untuk kegiatan operasional," ujarnya. Khusus untuk Kabupaten Sukabumi, lanjut Suherman, dia mendapatkan data banyak warganya yang tidak masuk atau tercatat dalam data Jamkesmas. "Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menanggung biaya pengobatan masyarakat melalui Jamkesda," imbuhnya.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menyebutkan dari kuota sebanyak 820.804 jiwa, hanya sebanyak 164.160 jiwa yang terlayani Jamkesmas. Sisanya terpaksa ditanggung Pemkab Sukabumi melalui layanan Jamkesda. Diharapkan Suherman pembayaran klaim Jamkesda ini sebagian akan diterima pada akhir tahun ini.

Sedangkan sisa tunggakan yang masih belum dibayarkan hingga akhir Desember diprediksi hanya sekitar Rp1 miliar. "Ke depan seharusnya ada optimalisasi warga penerima program Jamkesmas dengan melakukan pembaharuan data. Targetnya, dana Jamkesmas yang dialokasikan pemerintah pusat dapat terserap secara maksimal," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Kabupaten Sukabumi Ujang Zulkifli mengatakan salah satu tunggakan Jamkesda terbesar yakni ke RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi. Hal ini diakibatkan banyak warga Kabupaten Sukabumi yang harus dirujuk dari rumah sakit atau puskesmas kabupaten ke RSUD Syamsudin.

"Total tunggakan Jamkesda di beberapa rumah sakit hingga akhir September mencapai Rp16 miliar. Besarnya tunggakan tersebut bisa ditutupi dari APBD Perubahan 2012 ini," kata Zulkifli seraya mengharapkan ke depan dana Jamkesda per tahunnya harus sesuai dengan kebutuhan yang terjadi di lapangan. "Ya idealnya untuk 2013 mendatang mencapai Rp18 miliar," imbuhnya. HEP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger