' Tim Nasional Indonesia Harus Didukung - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tim Nasional Indonesia Harus Didukung

Tim Nasional Indonesia Harus Didukung

Written By dodi on Friday, October 19, 2012 | 7:00 AM


BOGOR - Keputusan Federasi Sepakbola Asean (AFF) mengenai siapa yang berhak mengelola timnas Indonesia disambut gembira oleh PSSI. AFF memutuskan bahwa timnas Indonesia yang boleh tampil di piala AFF 2012 adalah timnas yang dibentuk PSSI. Hal ini memperkuat keputusan AFC beberapa waktu lalu yang menegaskan bahwa PSSI merupakan satu-satunya pengelola Timnas yang mereka akui di Indonesia.

Karenanya, pengurus PSSI berharap semua pihak, khususnya pihak Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI), agar mendukung perjuangan timnas dan tak lagi mengganggu perjalanan mereka. "Semua pihak harus mendukung perjuangan Timnas ini. Jangan lagi kita bermain klaim bahwa kita yang paling benar," ujar koordinator Timnas, Bob Hippy kepada wartawan, kemarin.

"Sukses timnas ini merupakan tanggung jawab kita bersama," salah seorang anggota Komite Eksekutif PSSI ini menambahkan.
Lebih lanjut, Bob mengaku sudah yakin bahwa AFF akan memutuskan bahwa pengelolaan Timnas yang diakui berada di tangan PSSI. Pasalnya, pengelolaan timnas bukan merupakan hal yang harus dirundingkan melalui mekanisme Joint Committee.

Sementara itu, ketegangan para pemain tim nasional Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2012 akan sedikit mengendur. Irfan Bachdim dan kawan-kawan bakal diberikan waktu liburan selama lima hari akhir Oktober nanti. "Para pemain akan mulai diliburkan pada 24 Oktober sampai 28 Oktober 2012," jelas Manajer timnas, Habil Marati.

Setelah berlibur, para pemain akan kembali dikumpulkan untuk mengikuti pemusatan latihan lanjutan sebelum berangkat menuju Malaysia untuk mengikuti ajang Piala AFF 2012. "Tanggal 29 Oktober 2012, pemain-pemain akan kumpul kembali ke timnas. Nanti, pada saat pemusatan latihan, akan disisipi laga persahabatan. Jika memungkinkan, pertandingan uji coba akan dilakukan di atas tanggal 10 November 2012," sambung Habil.

Saat ini, pasukan arahan Nil Maizar telah tiba di Tanah Air setelah berlaga di Hanoi, Vietnam. Dalam laga persahabatan di Hanoi, Indonesia bermain imbang tanpa gol melawan tuan rumah Vietnam. Sebelumnya saat melawan Brunei Darussalam di Bandar Sri Begawan, awal Oktober lalu, timnas sukses mencukur timnas Brunei dengan skor 5-0.

Terkait dengan agenda kedepan, Bob Hippy, mengaku kembali menyiapkan laga uji coba melawan Thailand sebagai persiapan timnas senior Indonesia untuk Piala AFF. Laga itu dipersiapkan karena skuad "Garuda" batal mengikuti turnamen Batik Cup pada 19-21 Oktober 2012. Bob mengungkapkan, salah satu alasan dibatalkannya keikutsertaan dalam turnamen itu karena skuad timnas masih keletihan seusai melawan Vietnam.

Menurut Bob, PSSI saat ini sudah berkomunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk kembali menggelar laga uji coba. Ia berharap FAT tidak lagi membatalkan pertandingan yang sebelumnya pernah sempat dijadwalkan pada 16 Oktober. "Sekarang rencananya 4 November," ungkap Bob.

Selain Thailand, tambahnya, PSSI juga tengah mempersiapkan satu uji coba lagi menjelang keberangkatan timnas ke Malaysia pada 21 November mendatang. Menurut Bob, calon lawan uji coba tersebut adalah Timor Leste yang baru saja gagal lolos dari kualifikasi Piala AFF 2012. "Tapi, belum pasti. Kita masih berkomunikasi dengan mereka," tambahnya.

Sejumlah pertandingan uji coba ini diselengarakan di tengah pemusatan latihan (training camp/TC) tahap tiga timnas yang tengah digelar di Jakarta. Di Piala AFF yang akan berlangsung di Malaysia dan Thailand, Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Laos. Di pertandingan perdana, timnas akan berhadapan dengan Laos pada 25 November 2012. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger