' Tari Soja, Tarian Selamat Datang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tari Soja, Tarian Selamat Datang

Tari Soja, Tarian Selamat Datang

Written By dodi on Tuesday, October 9, 2012 | 7:00 AM


SENYUM kelima penari itu terus mengembang, menyapu semua penonton yang hadir di Alun-alung Kabupaten Karawang, awal pekan lalu. Beberapa hari kemudian dipentaskan di Teater Terbuka Taman Budaya Jabar. Sekalipun para penarinya sudah dimakan usia, namun keahliannya menari patut diacungi jempol. Terutama senyumannya yang bisa membuat laki-laki kelenger.

Hari itu, tari soja sengaja dipentaskan di awal pada program pewarisan gamelan Ajeng di Kabupaten Karawang. Tidak heran apabila tari soja ini disebut pula tari ajeng karena tariannya diiringi dengan gamelan ajeng yang memiliki nuansa mistis.

Konon, tari soja atau tari ajeng digunakan menak Karawang untuk menyambut kedatangan para gegeden (pengagung) yang datang pada acara pernikahan masyarakat Karawang. Tari soja disebut pula sebagai tari mengarak pengantin.

Walaupun sudah berumur puluhan tahun, tarian ini oleh masyarakat Karawang tetap dipergunakan sebagai pelengkap pada upacara penyambutan tamu terhormat, baik di lingkungan pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, maupun masyarakat. Tari Ajeng dipakai juga pada upacara ngarak pengantin (soja).

Kecantikan dan lemah gemulainya para penari soja ini jelas sangat kontras dengan gamelan ajeng yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Sekalipun usianya sudah uzur, pamor gamelan ajeng masih kuat dan mampu memberikan energi positif kepada para penari, sehingga mereka tampil all out.

Karuan saja masyarakat Karawang yang menyaksikan ta-rian dibuat terpesona dengan keindahan tarian. Tidak henti-hentinya mereka memuji dan berdecak kagum dengan koreografi tari soja, walaupun ditarikan dengan sederhana. Namun pengaruh dari gamelan ajeng inilah sehingga tari soja mampu menghadirkan kemegahan.

Selain tari soja, hari itu ditampilkan pula tari selendang atau tarian penyambutan tamu pada acara perhelatan atau penyambutan hari-hari besar, tari barudak atau tarian kreasi pergaulan yang dilakukan oleh sekelompok gadis. Tarian barudak ini menggambarkan suasana kegembiraan para gadis sambil bersenda gurau, menunggu para orangtuanya yang sedang bekerja di sawah/ladang, serta tari mojang karawang, yaitu tarian persembahan yang dilakukan oleh sekelompok mojang Karawang. Tarian ini menggambarkan sekumpulan mojang yang sedang bergembira dan mencoba menarik perhatian para jejaka.cps
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger