' Subang Minim Kendaraan Damkar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Subang Minim Kendaraan Damkar

Subang Minim Kendaraan Damkar

Written By dodi on Tuesday, October 2, 2012 | 7:00 AM

SUBANG (LJ-)- Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Subang, Martono mengeluhkan minimnya mobil operasi pemadam kebakaran. Idealnya, Subang setidaknya mempunyai 10 unit mobil Damkar bukan 4 unit Damkar seperti yang ada saat ini.

"Sesuai dengan pemetaan wilayah operasi, Petugas kami harus bisa mengatasikebakaran di 4 titik yakni, Kawasan Pantura Subang, Jalur Kalijati, Kawasan Jalancagak,dan Kawasan Subang Kota. Sedangkan mobil yang siap beroperasi hanya 3 unit.
Tentu ini menjadi hambatan kami," ucap Martono, saat ditemui di kantornya,kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan, permintaan tambahan 1 unit mobil operasi itu, jelas merupakan syarat minimal untuk mengatasi kebutuhan operasi di lapangan. "Bila melihat standar ideal di Kabupaten Subang, kita membutuhkan 10 unit mobil pemadam kebakaran beserta 70 personil anggota di lapangan," ucapnya.

Martono mengaku dari pengadaan Pemkab Subang sejak 2002 lalu hingga saat ini, penambahan armada pemadam belum terealisasi. Dari 4 jumlah aset mobil pemadam, 1 unit mobil  kini teronggok di pekarangan kantor Damkar Subang karena rusak total.

"Saat ini kami hanya memiliki 3 unit mobil pemadam dengan jumlah personil sebanyak 46 anggota. Untuk mempermudah kerja kami, idealnya di keempat wilayah operasi kami terdapat pos pemadam kebakaran," jelasnya.

Dari pantauannya selama ini, terutama dengan kondisi bertambahnya pabrik di kabupaten Subang, Ia meminta kepada pihak perusahaan untuk menyediakan sarana pemadam kebakaran. Selain itu ia menghimbau masyarakat untuk berprilaku disiplin dengan tidak melakukan tindakan yang bisa mengakibatkan bencana kebakaran seperti membuang puntung sembarangan serta membakar pekarangan kebun.

Menanggapi hal itu, salah seorang anggota DPRD Subang, Bambang Irmayana mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Dia mengatakan jika hal itu sudah diajukan pada 2010 lalu, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari pihak
eksekutif.

"Kebutuhan ini akan kami terus upayakan, kami akan berupaya hal itu bisa dianggarkan pada APBD 2013 mendatang," ucap Bambang.ADE.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger