' Sub judul--Cegah Aksi Tawuran DPRD Purwakarta Kumpulkan Muspida dan Pelaku Pendidikan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Sub judul--Cegah Aksi Tawuran DPRD Purwakarta Kumpulkan Muspida dan Pelaku Pendidikan

Sub judul--Cegah Aksi Tawuran DPRD Purwakarta Kumpulkan Muspida dan Pelaku Pendidikan

Written By dodi on Monday, October 8, 2012 | 7:00 AM

KAB PURWAKARTA (LJ) – Mengantisipasi masalah tawuran yang saat ini sering terjadi dikalangan pelajar, Komisi IV DPRD Kabupaten Purwakarta menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak, termasuk para pelaku pendidikan untuk membuat suatu komitmen yakni mendeklarasikan damai tanpa tawuran.

“Komisi IV menilai, para pelajar saat ini sepertinya kehilangan identitas dan menganggap pelajar lain sebagai musuh. Karenanya, harus ada deklarasi damai ranpa tawuran dari semua pihak terkait,” kata Hj. Susi Susilawaty, Kabag Hubungan Antar Lembaga, Humas dan Protokol DPRD Purwakarta kepada LINGKAR JABAR di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, Komisi IV DPRD telah memanggil beberapa unsur dari Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora), Dewan Pendidikan, jajaran Polres, Satpol PP, Dihubparpostel, para kepala sekolah, Komite Sekolah dan organisasi pelajar serta LSM, untuk mencari solusi mengatasi aksi tawuran yang sering terjadi di Kabupaten Purwakarta.

Dalam pertemuan tersebut, sambung dia, telah disepakati untuk mendeklarasikan dengan pihak-pihak terkait tentang damai tanpa tawuran. Pasalnya, dari hasil monitoring Komisi IV DPRD Purwakarta, aksi tawuran sekarng ini bukan saja terjadi antar sekolah tapi juga sudah mengarah kepada tawuran antar lintas daerah dan kabupaten.

Selain akan mendeklarasikan damai tanpa tawuran, lanjut Susi, pihak sekolah juga diminta untuk lebih preventif menghilangkan tawuran dikalangan pelajar, sebab saat ini sudah merambah ke kalangan pelajar tingkat SMP. Terlebih aksi tawuran tidak saja dilakukan dari para pelajar, tapi juga para alumni sekolah tersebut menjadi faktor pemicu terjadinya tawuran.

"Sehingga deklarasi seperti sekarang sangat perlu dilakukan pemerintah daerah untuk mencari solusi terbaik mengantisipasi  terjadinya kembali aksi tawuran dikalangan pelajar, apalagi hingga meninbulkan korban jiwa seperti yang dialami siswa salah satu SMP di Purwakarta beberapa waktu lalu," ujarnya.

Pertemuan itu tak hanya membuat komitmen semua pihak, Komisi IV DPRD juga minta pihak kepolisian agar melakukan pengamanan terhadap angkutan kota (angkot), truk, kendaraan bak terbuka dan lainnya yang sering  digunakan para pelajar dalam aksi tawuran.

 "Dalam penangan aksi tawuran ini, semua pihak harus kerjasama dengan baik termasuk pula dari pihak kepolisian," tukas Susi. YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger