' Sopir dan Kernet Gelar Aksi Mogok Operasional - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sopir dan Kernet Gelar Aksi Mogok Operasional

Sopir dan Kernet Gelar Aksi Mogok Operasional

Written By dodi on Tuesday, October 16, 2012 | 7:00 AM

KAB. PURWAKARTA (LJ)- Buntut dari penganiayaan Ujang. salah seorang sopir elf di sekitar wilayah Sadang, Kabupaten Purwakarta, Jum'at (12/10) lalu. Ratusan sopir dan kernet elf Jurusan Cikampek-Padalarang mengelar aksi mogok operasional di halaman Kantor Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Disbudparpostel) Kabupaten Purwakarta, Senin (15/10).

Bahkan dalam aksinya tersebut, mereka juga melakukan aksi sweeping terhadap sejumlah kendaraan umum yang melintas di depan Disbudparpostel agar ikut berunjuk rasa.

Salah seorang sopir elf, Muksin (40), warga Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta mengungkapkan, aksi tersebut merupakan buntut dari penganiayaan salah seorang sopir elf, Ujang. Sebab akibat penganiayaan itu, korban saat ini dalam kondisi kritis.

Selain persoalan itu, aksi mereka juga dipicu sering terjadinya penyerobotan penumpang oleh sejumlah sopir angkot dan kendaraan umum yang memiliki trayek di jalur sama. Kondisi itu menyebabkan, kata Muksin, penghasilan sejumlah sopir elf Jurusan Cikampek-Padalarang berkurang, sehingga sering kali tidak bisa memberikan setoran sesuai dengan target.

 “Makanya, kami melakukan aksi ini sekaligus untuk mencari pelaku penganiayaan Ujang,” ujarnya.

Akibat penganiayaan itu, Ujang, warga Kampung Cikampahan, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Purwakarta itu kritis dan harus dirawat di rumah sakit. Penganiayaan Ujang, menurut Muksin, tak terlepas dari tidak tertibnya trayek angkutan umum di Purwakarta yang sering kali menaikkan penumpang meski bukan pada jalurnya.

Melihat kondisi rekan seperjuangannya seperti itu, Muksin meminta agar Dishubparpostel menertibkan sejumlah angkutan umum yang melanggar trayek. Dia mengaku sudah memiliki catatan sejumlah nomor polisi pada angkutan umum yang sering kali melakukan penyerobotan penumpang.

 “Ada beberapa trayek yang satu jurusan, yakni angkot 43, 05, dan 02 dan beberapa angkutan lain sudah kami catat nopolnya,” akunya.

Sementara, Kepala Dishubparpostel Kabupaten Purwakarta, Nana Mulyana mengaku akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan menertibkan trayek angkutan umum. Sementara untuk laporan penganiayaan, dia mengaku akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

 “Laporan ini kami terima dan akan kami tindaklanjuti bekerja sama dengan organisasi angkutan umum di Purwakarta,” paparnya.

Terpisah, Ketua Paguyuban Sopir Angkot Purwakarta, Nana Suryana mengaku tidak mengetahui adanya kasus penyerobotan penumpang. Namun, dia mengaku akan melakukan pengecekan di lapangan untuk memastikannya.

 “Kami juga meminta data angkot mana saja yang sering menyerobot penumpang kepada pengelola elf untuk kami periksa,” tukasnya. YAS/*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger