' Sistem MBS Dinilai Sukses Kelola Dunia Pendidikan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Sistem MBS Dinilai Sukses Kelola Dunia Pendidikan

Sistem MBS Dinilai Sukses Kelola Dunia Pendidikan

Written By dodi on Monday, October 1, 2012 | 7:00 AM


GARUT (LJ) - Dewasa ini terjadi perubahan dalam pengelolaan sekolah, termasuk sekolah dasar, terjadi desentralisasi pendidikan, yaitu adanya pelimpahan sebagian kewenangan pemerintahan pusat ke daerah, termasuk kewenangan dalam pengelolaan pendidikan.

Salahsatu pendekatan pengelolaan pendidikan yang dinilai berhasil sekarang ini adalah School based management atau manajemen berbasis sekolah (MBS).Demikian ungkap Kasi Kurikulum TK/SD Disdik Pemkab Garut Dadang Hidayat menjawab LINGKAR JABAR usai memberi pengarahaan pada acara pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah yang diikuti seluruh Kepala Sekolah Dasar se kabupaten Garut di Aula UPTD Pendidikan Kec.Tarogong Kaler kemarin.

Dadang mengemukakan, manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu pendekatan yang  pada dasarnya merupakan pemberian kesempatan yang lebih besar untuk mengelola sekolah secara mandiri sesuai dengan kondisi sekolah.

“Kegiatan pengelolaan pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi banyak ditentukan oleh sekolah. Dengan demikian diharapkan sekolah mampu mengembangkan diri sesuai denga potensi yang dimiliki sekolah dan tuntutan lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Dadang,berdasarkan pedoman pengelolaan sekolah yang ditertibkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (2002), manajemen berbasis sekolah diartikan dengan bentuk alternatif pengelolaan sekolah dalam rangka desentralisasi pendidikan, yang ditandai dengan adanya kewenangan pengambilan keputusan yang lebih luas di tingkat sekolah, partisipasi masyarakat yang relatif tinggi, dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional.

Keleluasaan pengambilan keputusan di tingkat sekolah kata dia, dimaksudkan agar sekolah dapat mengoptimalkan pengeloolaan sumberdaya dengan mengalokasikan sesuai dengan prioritas program serta lebih tanggap terhadap kebutuhan masyarakat setempat yang ditinjau dengan sistim  pengelolaan yang baik.

Melalui manajemen berbasis sekolah demikian  Dadang, diharapkan bisa memberikan layanan pendidikan yang menyeluruh dan tanggap dalam kebutuhan masyarakat. Secara umum,tujuan manajemen berbasis sekolah (school based management) ditujukan untuk meningkatkan efisien, kualitas dan pemerataan pendidikan. Peningkatat efisiensi diperoleh melalui beberapa cara, antara lain melalui keleluasaan mengelola sumber daya atau penyederhanaan birokrasi.

“Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah pada dasarnya merupakan proses manajemen sekolah yang diarahkan untuk peningkatan mutu pendidikan melalui pelaksanaan otonomi sekolah mulai dari perencanaan,pelaksanaan sampai dengan evaluasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah dengan melibatkan semua stakeholder sekolah,”paparnya. (BDN/JUL)

         

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger