' Sampaikan Aspirasi Ratusan Buruh Datangi Gedung DPRD Purwakarta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Sampaikan Aspirasi Ratusan Buruh Datangi Gedung DPRD Purwakarta

Sampaikan Aspirasi Ratusan Buruh Datangi Gedung DPRD Purwakarta

Written By dodi on Thursday, October 4, 2012 | 7:00 AM

KAB PURWAKARTA (LJ) – Ratusan buruh dari sejumlah perusahaan yang tergabung dalam K.SPSI Kabupaten Purwakarta, mendatangi gedung DPRD dan melakukan aksi unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya, terkait dengan perbaikan kesejahteraan para buruh dan mempertanyakan keputusan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI tentang penghapusan outsourcing.

Meskipun terlihat tertib, namun aksi unjuk rasa ratusan buruh  didepan gedung DPRD tersebut sempat membuat macet arus lalu lintas dan membuat sibuk petugas kepolisian. Sebelum diterima para pimpinan dewan, ratusan buruh tersebut membacakan tuntutan mereka, diantaranya meminta agar pemerintah daerah segera mengeluarkan keputusan Menaker.

 “Kami minta Pemkab Purwakarta segera mengeluarkan peraturan pemerintah (PP) atau peraturan Menaker (Permenaker) tentang penghapusan outsourcing,” kata salah seorang koordinator aksi unjuk rasa, Rabu (3/10) di halaman DPRD. Selain itu, mereka juga minta agar pemerintah mengeluarkan keputusan Menaker tentang para meter kebutuhan hidup layak (KHL) minimal 86 item.

Para buruh juga minta, ada kepastian pelaksanaan BPJS kesehatan untuk seluruh rakyat seumur hidup tanpa diskriminasi, limitasi, tepat waktu dan pekerja/buruh tidak dipotong upahnya oleh perusahaan untuk membayar JPK Jamsostek.

 "Para buruh juga minta agar penghasilan mereka tidak dikenakan pajak," ujarnya.

Menanggapi aksi unjuk rasa ratusan buruh yang menyampaikan aspirasinya ke wakil rakyat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, Hasanudin menyatakan, pihaknya akan menugaskan Komisi IV untuk segera menyampaikan aspirasi para buruh ke Menaker.

Sesuai dengan tuntutan mereka, lanjut Hasanudin, DPRD Purwakarta akan segera menindaklanjuti kepada pihak-pihak berwenang, seperti Menaker dan Menteri Kesehatan (Menkes), terkait dengan jaminan kesehatan para buruh. Selain itu, DPRD Purwakarta juga akan menyampaikan aprirasi para buruh ke DPR RI pembuat BPJS.

Agar para buruh tidak sanksi kepada DPRD, sambung dia, pihaknya mengajak para buruh yang tergabung dalam K.SPSI untuk bersama-sama menyampaikan aspirasinya ke pihak-pihak terkait.

 ”Kalau K.SPSI mau bersama-sama dengan DPRD memperjuangkan aspiranya ya silahkan. Yang pasti kami akan menindaklanjuti usulan tersebut,” tukasnya kepada LINGKAR JABAR, kemarin. YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger