' Puluhan Wartawan Depok Gelar Aksi Solidaritas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Puluhan Wartawan Depok Gelar Aksi Solidaritas

Puluhan Wartawan Depok Gelar Aksi Solidaritas

Written By dodi on Thursday, October 18, 2012 | 7:00 AM

DEPOK (LJ) - Puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik di Kota Depok mengelar aksi solidaritas atas tindak kekerasan yang menimpa rekannya saat meliput pesawat TNI Angkatan Udara yang jatuh di Riau.

Aksi yang dilakukannya itu, puluhan wartawan langsung orasi di depan Gedung DPRD Kota Depok. Dan mereka juga menggantungkan kartu identitas wartawan sebagai simbol matinya kebebasan pers. Perwakilan sejumlah lembaga juga ikut mendukung aksi damai dengan membubuhkan tanda tangan untuk melawan tindak kekerasan wartawan. Aksi tersebut dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kota Depok dan Kasi Humas Polresta Depok.

"Kami menuntut adanya perkuatan adanya UU keterbukaan publik. Adili pihak yang melakukan tindak kekerasan terhadap wartawan," kata Feru Ketua Aksi, di Gedung DPRD Depok, kemarin.

Dia mengatakan, aksi ini, menuntut agar presiden dan Penglima TNI mengusut tuntas kasus tersebut. Negara harus memberikan jaminan agar kasus serupa tidak terjadi lagi di mana pun. "Pekerjaan kami dilindungi institusi. Dan kami bekerja profesional," harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Depok, Rintis Yanto mengaku prihatin atas kasus yang menimpa wartawan. Pihaknya akan meneruskan tuntutan wartawan yang tertuang dalam sebuah petisi ke DPR RI. Rintis menegaskan, DPRD Kota Depok juga menjamin adanya kebebasan pers. "Saya akan layangkan surat sejumlah instani agar mengerti UU keterbukaan publik. Kami menjamin kebebasan rekan wartawan," tuturnya.

Kata dia, jika terjadi tindak kekerasan terhadap wartawan di Depok maka pihaknya akan mengawal di garda terdepan. "Kami akan lindungi rekan pers. Kami turut prihatin atas tindak kekerasan kemarin," pungkasnya. TYS/HRS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger