' Puluhan Rumah Bantaran Sungai Bogor Nyaris Ambruk - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Puluhan Rumah Bantaran Sungai Bogor Nyaris Ambruk

Puluhan Rumah Bantaran Sungai Bogor Nyaris Ambruk

Written By dodi on Tuesday, October 23, 2012 | 7:00 AM


BOGOR (LJ) - Sedikitnya dua puluh Kepala Keluarga (KK) di Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor  mendesak kepada Pemerintah Kota Bogor membangunkan turap (tebingan) yang berfungsi sebagai penopang pondasi rumah dari ancaman longsor.

Pasalnya, kondisi puluhan rumah yang berada di bantaran Sungai Ciliwung tersebut sangat menyeramkan. Sebagian besar pondasi rumah telah terkikis dan menggantung di atas tanah, dan dikhawatirkan akan ambruk.

Seperti kondisi rumah milik Maksung Mohanip (59), warga RT 05 RW 02, Sukasari Kota Bogor semakin parah sejak tiga bulan terakhir. "Bagian dapur rumah saya sudah habis terkikis, dikhawatirkan akan ambruk kalau hujan besar. Kondisi tersebut telah terjadi sejak tiga  bulan lalu," ungkap Maksung kepada wartawan, kemarin.

Namun Maksung beserta warga lainnya menolak jika direlokasi ke Rusunawa (rumah susun sewa) di Menteng Asri Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat."Lebih baik dibangunkan turap dari pada Pemerintah Kota Bogor merelokasi ke Rusunawa. Kita tidak terbiasa tinggal di Rusun itu,"tukasnya.

Keengganan  warga Sukasari untuk direlokasi dibenarkan oleh Asep Kusnandar, Ketua RT setempat. "Warga disini menginginkan dibangunkan turap. Terakhir kali, sekitar dua bulan lalu, Pemerintah Kota Bogor telah melakukan survei untuk pembuatan turap. Tetapi hingga kini belum ada kelanjutannya lagi,"kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Bogor, Muaz Haji Djunaedi mengatakan, solusi terbaik mengatasi permasalahn tersebut hanya dengan relokasi. Oleh karena itu Muaz berharap warga mau dipindah ke Rusunawa di kelurahan Menteng. Saat ini Rusunawa tersebut masih banyak yg belum ditempati,”kata Muaz.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi ke Balai Besar Daerah Aliran Sungai Ciliwung untuk mengatasi adanya potensi ancaman longsor di lokasi tersebut. ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger