' PPS Diminta Tegas Saat Melakukan Verifikasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » PPS Diminta Tegas Saat Melakukan Verifikasi

PPS Diminta Tegas Saat Melakukan Verifikasi

Written By dodi on Monday, October 15, 2012 | 7:00 AM


KAB CIREBON (LJ)- Divisi teknis KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Cirebon minta Panitia Pemungutan Suara (PPS) tegas dalam melakukan verifikasi administrasi  faktual berkas dukungan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) dari jalur perseorangan (independen), bila ditemukan ada dukungan dari anggota TNI/Polri, PNS maupun panitia penyelenggara pemilu (PPS, PPK, KPU, Panwaslu, PPL) beserta sekretariatnya, untuk dicoret dari daftar dukungan.

 “Keputusan tersebut mengacu pada surat edaran KPU Jawa Barat tentang pelaksanaan verifikasi administrasi dan faktual, tertanggal 12 Oktober 2012,” ungkap Abdullah Safii, dihadapan para anggota PPK, di aula KPU Kabupaten Cirebon, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, sesuai dengan pasal 13 ayat (3) PKPU Nomor 9 tahun 2012 yang berhak memberikan dukungan itu, penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, yaitu genap berusia 17 tahun atau lebih pada saat memberikan dukungan serta sudah ataupun pernah nikah.

“PPS melaksanakan verifikasi administrasi selama tiga hari, mulai dari tanggal 11-13 Oktober 2012, kemudian verifikasi factual dilaksanakan selama 9 hari, dari 14 hingga 22 Oktober 2012,” ujar Safii.

Untuk Kabupaten Cirebon, lanjut Safii, dukungan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dari jalur perseorangan Dikdik Mulyana Arief Mansyur dan Cecep Nana Suryana Toyib, mendapatkan berkas dukungan sebanyak 35.038 surat.

Bahkan, sambungnya, ada kemungkinan terjadi penambahan data dukungan kepada pasangan bakal calon tersebut. Beberapa PPK melaporkan berkas dukungan yang diterima, lebih banyak dari rekap awal KPU Jabar yang diterima PPS.

 “Makanya, kami sedang merekap kembali dukungan tersebut dari tanda terima yang dikirim PPS melalui PPK,” paparnya.

Seperti diketahui, setelah pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar dari jalur independen itu dinyatakan lolos verifikasi data oleh KPU, berkas dukungan yang diperolehnya itu dikembalikan kembali ke masing-masing daerah di Jabar. GYO/WAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger