' Polda Jabar Silaturahmi Kamtibmas dengan Ormas se Jawa Barat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Polda Jabar Silaturahmi Kamtibmas dengan Ormas se Jawa Barat

Polda Jabar Silaturahmi Kamtibmas dengan Ormas se Jawa Barat

Written By dodi on Wednesday, October 24, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG (LJ)-Dalam rangka meningkatkan jalinan koordinasi dan kemitraan antara Polda Jabar dengan Organisasi Kemasyarakatan se-Jawa Barat, Polda Jabar, Selasa (23/10), menyelenggarakan silaturahmi kamtibmas dengan Organisasi Kemasyarakatan se-Jawa Barat.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Muryono Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung dan dibuka secara resmi oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara. Materi yang dibahas dalam silaturahmi tersebut yaitu tentang “Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Mewujudkan Situasi Kondusif di wilayah Jawa Barat” dengan nara sumber Dir Intelkam Polda, Dir Binmas Polda Jabar dan dari Kesbanglinmas Provinsi Jawa Barat.

Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno, SH. dalam sambutannya yang disampaikan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara mengatakan, sebagaimana dimaklumi bersama, Negara Kesatuan Republik Indonesia, adalah negara kebangsaan, yang disamping terdiri atas ribuan pulau besar dan kecil, Bangsa Indonesia juga memiliki beragam perbedaan agama, etnik, suku, bahasa, budaya, politik serta beragam perbedaan lainnya.

Dengan tingkat heterogenitas dan kemajemukan yang sangat kompleks tersebut, maka terjadinya perbedaan adalah hal yang wajar dan dimungkinkan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang perlu disikapi dengan baik, sebagai khasanah kekayaan potensi dan budaya bangsa.

"Menyadari beragam perbedaan tersebut, para pendahulu bangsa, sejak awal telah bersepakat untuk melebur perbedaan itu menjadi ”Negara Kesatuan”, yang diikat oleh semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang sampai saat ini terbukti ampuh sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tegas kapolda.

Kapolda menambahkan, ketika beragam perbedaan tersebut tidak disikapi dan ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan potensi konflik, yang dalam skala tertentu dapat berpotensi menjadi konflik komunal, serta dapat meluas dan tidak terkendali.
Hal tersebut dapat kita lihat, dari perkembangan situasi sosial dan politik, serta situasi kamtibmas akhir-akhir ini, baik dalam lingkup nasional maupun lingkup wilayah Jawa Barat, dimana kita cukup prihatin, dengan masih adanya berbagai tindakan kekerasan (radikalisme), seperti dengan aksi terorisme, peledakan bom, konflik komunal, tawuran/perkelahian massal, serta tindakan anarkhis lainnya, yang akhir-akhir ini cukup intens terjadi," imbuhnya.

Dalam kondisi tersebut, katanya lagi diperlukan langkah pencegahan dan pengendalian terhadap potensi konflik, sehingga tingkat konflik menjadi rendah dan tetap terkendali. Hal penting lainnya adalah, bagaimana peran serta seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama dapat menciptakan suasana yang aman dan damai, baik lahir maupun bathin, sebagai wujud hak setiap warga negara atas kebebasan beragama, menyampaikan pendapat, berorganisasi dan berpolitik, serta partisipasi dalam pembangunan nasional menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.(HER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger