' Persib Bangkit Kembali! - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Persib Bangkit Kembali!

Persib Bangkit Kembali!

Written By dodi on Thursday, October 4, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Rekrutmen pelatih dan sejumlah pemain baru yang berkelas di pertengahan tahun ini, dinilai sebagai momentum kebangkitan klub kebanggaan Kota Bandung. Dengan dukungan pelatih senior Indra Thohir sebagai penasihat teknik, Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih kepala yang dibantu asisten pelatih Asep Sumantri dan Sutiono Lamso, diyakini dapat meningkatkan kualitas permainan tim berjuluk 'Maung Bandung' tersebut.

Tak sedikit pihak yang memprediksi, Persib Bandung bakal merajai kompetisi kasta tertinggi, Indonesian Super League (ISL) musim 2012-2013. Dengan pengalaman pernah bekerjasama dengan Indra Thohir saat membawa Persib juara Liga Indonesia 1994-1995 silam, Djajang pun diharapkan mampu meramu skema terbaik untuk menjadikan Persib sebagai tim tangguh dan subur gol. Diperkirakan, Djajang akan menerapkan formasi 3-5-2 dan memeragakan permainan cepat ala tiki-taka.

Indikasinya terlihat dalam beberapa sesi latihan terakhir, Djanur--sapaan akrab Djajang Nurdjaman, acapkali meminta anak asuhnya untuk menerapkan permainan cepat dari kaki ke kaki. Meski belum masuk dalam persiapan skema permainan, dalam beberapa game internal terakhir, mantan asisten pelatih Pelita Jaya musim lalu ini, kerap memberi instruksi agar Maman Abdurahman dan kawan-kawan tidak berlama-lama memegang bola.

Tidak hanya itu, gambaran formasi menyerang dengan format 3-5-2 dan 4-3-3 pun sudah terlihat dari pemain rekrutan Maung Bandung musim ini. Beberapa pemain berkualitas di lini tengah, seperti Firman Utina, Asri Akbar, dan gelandang stylish asal Kamerun, George Parfait Mbida Messi, didatangkan untuk melengkapi pemain yang sudah ada. Seperti Atep dan Hariono. Ditambah lagi ada Kenji Adachihara yang bisa diplot di sisi sayap kanan seperti yang pernah dilakoni Kenji saat bermain di Persiba Balikpapan.

Indra Thohir pun tidak membantah hal tersebut. Dia meyakini, Djanur pasti akan mencoba apa yang pernah diterapkannya dulu untuk membawa Persib berprestasi di musim ini. "Soal teknis, saya belum masuk ke situ. Tapi saya kira, Djadjang punya pikiran yang sama seperti saya. Apalagi dia dulu pernah sama-sama dengan saya, membawa Persib juara. Dengan memilih pemain gelandang yang bagus, saya rasa dia akan mencoba apa yang dulu pernah saya lakukan," ujar Thohir saat ditemui sejumlah wartawan di Mess Persib, baru-baru ini.

Mantan pelatih yang sarat pengalaman ini pun tak ingin mengumbar lebih dalam, mengenai teknis tim Persib untuk kompetisi ISL musim ini. Ini tak lain karena dirinya paham betul karakter Djanur, yang begitu berhasrat untuk kembali memberikan prestasi prestisius bagi Maung Bandung. "Saya rasa tidak perlu ceritakan semua. Saya percaya dengan Djadjang. Jadi tunggu saja tanggal mainnya," tandas Indra.

Sementara itu, terkait dengan persiapan skuad Persib yang sudah berjalan hampir satu bulan, Djanur mulai beralih dari menggenjot fisik pemain ke pengembangan skema permainan. Khusus lini belakang, Djanur mengaku tetap menggunakan empat bek sejajar dalam skema yang akan diterapkannya nanti.

"Kalau lini belakang, kita akan pakai empat bek. Tengah dan depan gimana nanti. Kita tidak ingin terpaku dengan pola. Rotasi skema bergantung alur bola. Tetapi kita utamakan, skema apapun yang dipakai, kedisiplinan tetap dijaga," ujar Djanur ketika ditemui di mess Persib, kemarin siang. Sedang mengenai latihan taktik, dia mengatakan baru melakukan penekanan pada teknik dan taktik pada Training Center (TC) 15 Oktober nanti di Cirebon. FER/CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger