' Penanganan Anjal Harus Persuasif - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Penanganan Anjal Harus Persuasif

Penanganan Anjal Harus Persuasif

Written By dodi on Monday, October 15, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG (LJ)-Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri menegaskan, penanganan anak jalan (anjal) harus dilakukan secara persuasif, karena mengingat usia mereka masih sangat muda dan dibutuhkan pola penanganan yang berbeda dibandingkan cara penanganan orang dewasa.

"Mereka tidak perlu harus dirazia, tapi perlakukan mereka layaknya anak-anak yang masih membutuhkan penanganan orang tua. Jadi pantasnya mereka harus ditangani oleh para pekerja sosial bukan petugas Satpol PP," kata menteri saat menghadiri acara One Day For Children di halaman Gedung Sate Kota Bandung, Minggu (14/10).

Saat menghadiri acara 'One Day For Children' sekaligus peluncuran Program Kesejahtern Sosial Anak (PKSA) Bandung Bebas Anak jalanan, menteri berksempatan menyampaikan pesan kepada anak-anak jalanan di Jawa Barat, agar mereka meninggalkan dunia jalanan dan kembali sebagai anak rumahan yang giat belajar.

"Saya berpesan kepada anak-anakku,tinggalkan jalanan, rajin beribadah, hormati guru-gurumu, serta jagalah tubuhmu agar kuar dan siap menjadi pemimpin masa depan. Dunia jalanan sangat membahayakan kalian, karena selain akan menjadi mudah sakit, menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya. Maka dari itu, ayo anak-anakku tinggalkan jalanan," ajaknya.

Terkait penanganan anjal oleh Satpol PP, mensos mengaskan bahwa bila masalah anjal masih ditangani oleh petugas Satpol PP dapat menimbulkan ekses yang tidak diinginkan. Diantaranya, petugas dapat terkena delig karena dinilai melanggar hak asasi anak itu sendiri. Oleh sebab itu, mereka ini harus kita kembalikan kepada orang tuanya dan ingatkan orang tua agar tidak mempekerjakan anaknya dijalanan tapi biarkan anaknya bersekolah," ucap menteri.

Solusi mengatasi masalah orang tua para anjal Mensos Salim Al Jufri mengatakan, pemerintah telah meluncurkan Progam Kesejahteraan Sosial Anak, dimana program ini, para orang tua anjal akan memperoleh lapangan pekerjaan. "Dengan program tersebut, mereka para orang tuanya dapat mempunyai penghasilan dengan tidak mempekerjakan anak-anaknya dijalanan," jelasnya. (FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger