' Pemkot Depok Miliki Mesin Pengolah Air Bersih Modern - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemkot Depok Miliki Mesin Pengolah Air Bersih Modern

Pemkot Depok Miliki Mesin Pengolah Air Bersih Modern

Written By dodi on Wednesday, October 3, 2012 | 7:00 AM


DEPOK (LJ) - Kurangnya ketersediaan air bersih yang kerap menjadi momok dalam berbagai peristiwa bencana alam pada wilayah yang terkena banjir di Kota Depok. Hal itu kini dapat diatasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan adanya mesin pengolah air bersih yang Cepat, Efisien dan Efektif dan modern.

Demikian keterangan Kepala seksi Operasional, Pemeliharaan, dan Pengendalian (OPP) Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Depok, Zaki Mubarok, pada LINGKAR JABAR, Selasa (2/10), usai serah terima dan uji coba terapan “Mesin Pengolah Air Bersih Sistem Ultrafiltrasi” bantuan dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), di halaman kantor Walikota Depok.

Dalam penyerahan tersebut, disaksikan Kepala Dinas BMSDA, H.Enco Kuryasa, Kabid SDA, H.Herry Gumelar, Tim Pengendalian dan Pencemaran lingkungan (TPPL) BPPT, Nusa Idaman, Wahyu, Satgas Banjir DBMSDA, dan warga masyarakat setempat.                                                                                                                              
Zaki menjelaskan, sebagai upaya Pemkot Depok melalui Dinas BMSDA dalam rangka memenuhi penyediaan air bersih yang pada lokasi banjir, tempat pengungsian korban banjir, dengan demikian dapat ditanggulangi terhadap kebutuhan yang sangat vital tersebut yaitu air bersih yang cukup memadai.

"Dengan keberadaan mesin ini, diharapkan dapat menunjang kesehatan masyarakat, mereka bisa mengkonsumsi air bersih tersebut, yang digunakan untuk mandi, cuci, minum," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator TPPL BPPT, Nusa Idaman Said menjelaskan, bahwa pelaksanaan program PKPP bagi daerah yang rawan banjir, pihak BPPT selama ini telah memberikan bantuan langsung berupa 1 perangkat unit “Mesin Pengolah Air Bersih Sistem Ultrafiltrasi“. "Mesin ini, dapat mengolah air keruh cemaran menjadi air bersih dengan daya saring 500 s/d 1000 mikron, dan mampu beroperasional selama 8 jam, dengan kapasitas 8 m3/jam, dengan memakai daya 1000watt/ setara genset midle GN-6000 E-MP," ucapnya.

Dia mengatakan, selama ini pihaknya telah menyalurkan mesin bantuan yang sama pada beberapa daerah, diantaranya di wilyah Pandeglang, tasikmalaya, garut, dan Kota Depok 2 unit 1 untuk SMP 8 dan 1 unit pada Dinas BMSDA. "Saya berharap dengan diterima alat ini, kiranya dapat menanggulangi kekhawatiran akan ketersediaan air bersih kala musim banjir," pungkasnya. TYS/HRS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger