' Pemkab Bekasi akan Tutup Galian C Tanpa Ijin - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemkab Bekasi akan Tutup Galian C Tanpa Ijin

Pemkab Bekasi akan Tutup Galian C Tanpa Ijin

Written By dodi on Thursday, October 11, 2012 | 7:00 AM


KAB.BEKASI (LJ) – Akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berencana akan menutup lima lokasi galian pasir di Kecamatan Serang Baru yang tidak memiliki izin.
Rencananya, penutupan lokasi galian pasir liar itu akan dilakukan (hari ini –red) Kamis (11/10). Demikian dikatakan Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kabupaten Bekasi, Rama B Matandung, Rabu (10/10).
Rama menjelaskan, penutupan galian pasir yang tidak dilengkapi izin dan meresahkan warga itu telah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak. “Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, terkait kapan eksekusi akan dilakukan dan strategi apa yang akan digunakan untuk menutup lokasi galian itu,” ungkapnya.
Lebih lanjut Rahma, tindakan penutupan galian pasir yang banyak merusak lingkungan itu beberapa kali ditunda. “yang pasti, Kamis akan dilakukan penutupan tiga lokasi galian pasir yang terletak di Desa Jayasampurna, satu lokasi di Desa Sirnajaya dan satu lokasi di Desa Jayamulya. Semua lokasi itu ada di Kecamatan Serang Baru,” kelitnya.
Untuk mengatisipasi perlawanan yang akan dilakukan pemilik lokasi galian pasir itu, Satpol PP rencananya akan menurunkan 120 personil gabungan dari petugas Polres, Polsek dan Koramil. Rama menjelaskan sebagian besar galian C yang tidak memiliki izin ini dimiliki orang luar, sedangkan yang bekerja merupakan warga setempat.
Menurutnya Penghentian galian C ini mengacu pada surat edaran dirjen pertambangan, mineral dan batubara, no 08.5/30/djb/2012, tanggal 6 maret 2012 tentang penghentian sementara ijin usaha pertambangan.
Keberadaan galian pasir atau galian C dinilai mengganggu masyarakat yang berada di wilayah sekitar, untuk itu dirinya berharap setelah dilakukan penertiban,  dinas terkait semisal BPLH dan Dinas Sosial dapat mencegah pembukaan lahan baru dan memfasilitasi bagi warga yang kehilangan pekerjaan akibat ditutupnya galian c tersebut. RBH

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger