' Pemkab Bandung Harus Mengoptimalkan Peran dan Fungsi Puskesmas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemkab Bandung Harus Mengoptimalkan Peran dan Fungsi Puskesmas

Pemkab Bandung Harus Mengoptimalkan Peran dan Fungsi Puskesmas

Written By dodi on Tuesday, October 23, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengoptimal peran dan fungsi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Sehingga, dimasa yang akan datang peran Puskesmas tidak sekadar pelayanan atau tempat berobat masyarakat, tetapi juga menjadi pusat segala kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

"Fungsi Puskesmas saat ini hanya tempat berobat masyarakat yang sakit. Sebenarnya itu kurang tepat juga. Idealnya, Puskesmas itu menjadi pusat sosialisasi, penyuluhan, koordinasi hal-hal terkait kesehatan masyarakat, itu yang sebenarnya harus dilakukan pemerintah daerah," kata Gun Gun Gunawan kepada wartawan, awal pekan ini.

Gun Gun menyayangkan kondisi Puskesmas yang ada saat ini, apalagi di saat pemerintah tengah mengampanyekan atau melakukan sosialisasi terkait masalah kesehatan, masih disibukan dengan harus membentuk kembali tim kampanye atau tim penyuluh lapangan. Padahal, hal ini bisa dilakukan di Puskesmas, sebagai basis dan ujung tombak pemerintah di lapangan.

"Setahu saya di Puskesmas juga kan ada yang namanya bagian Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan lain sebagainya. Karena itu, kalau ada penyuluhan atau kampanye kesehatan itu nggak usah ada lagi tim penyuluh dari luar Puskesmas, kan bisa menggunakan petugas Puskesmas itu," jelasnya.

Lebih ekstremnya, lanjut Gun Gun, Puskesmas tidak perlu melakukan pelayanan pengobatan bagi masyarakat yang sakit. Karena itu adalah kewenanganan dari rumah sakit. Tapi yang terjadi saat ini Puskesmas melakukan pelayanan pengobatan, bahkan ada beberapa Puskesmas yang dilengkapi dengan ruang rawat inap dan lain sebagainya.

"Pengobatan dan pelayanan itu serahkan saja kepada rumah sakit. Puskesmas fokus pada fungsi sosialisasi, penyuluhan, koordinasi dan konsolidasi, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya. Jika demikian, dimasa yang akan datang, Gun Gun berkeyakinan berbagai penyakit yang ada di masyarakat dapat ditekan tanpa harus melakukan pengobatan. Seperti contohnya yang saat ini tengah dilakukan pengobatan missal pencegahan penyakit kaki gajah (filariasis).

"Kalau Puskesmas menjalankan fungsi sosialisasi, penyuluhan dan koodinasi dengan baik, saya rasa di masa yang akan datang tidak perlu lagi ada pemberian obat massal dan yang lainnya. Karena masyarakatnya sudah teredukasi dengan baik oleh para penyuluh Puskesmas ini. Misalnya, untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyakit DBD, TBC, filariasis atau penyakit lainnya yang diakibatnya oleh buruknya kebersihan lingkungan," pungkasnya. GUS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger