' Partai Binaan Cendana Tumbang KPU Tetapkan 16 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Partai Binaan Cendana Tumbang KPU Tetapkan 16 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi

Partai Binaan Cendana Tumbang KPU Tetapkan 16 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi

Written By dodi on Monday, October 29, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 16 partai politik (Parpol) lolos verifikasi administrasi, Minggu (28/10). Sedangkan, 18 partai politik lainnya dinyatakan tidak lolos oleh KPU. Dasar dari putusan itu adalah Peraturan KPU no 7 dan 8 tentang penetapan dan tahapan. Menariknya, diantara partai yang tidak lolos adalah tiga partai bentukan keluarga Cendana (kediaman mantan Presiden kedua RI, mendiang Soeharto).
Tiga partai yang dibina oleh keluarga Cendana itu adalah Partai Nasional Republik (Nasrep) yang dibina oleh Hutomo "Tommy" Mandala Putra Soeharto, Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) Siti Hardiyanti "Tutut" Rukmana dan Partai Karya Republik (Pakar) yang dikomandoi Ari Sigit Soeharto. Dengan demikian, ketiga parpol itu dipastikan tidak mengikuti pemilu 2014.
Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Nasrep Neneng A. Tuti mengatakan akan meminta keterangan KPU atas hasil tersebut. Pasalnya, Neneng beranggapan Nasrep telah memenuhi persyaratan yang diminta KPU. "Kita (Nasrep) mau meminta penjelasan (KPU). Apa kekurangannya belum tau, padahal kita sudah memberikan yang terbaik. Perbaikan yang sempurna sudah kita berikan," kata Neneng ketika dihubungi wartawan, Minggu malam.
Neneng menambahkan, dalam peraturan partai baru dan lama, Nasrep jelas telah mencukupi kualifikasi sebagai parpol calon peserta pemilu 2014. Namun, partai yang dikomandani Tommy Soeharto tersebut akan melihat dengan seksama Peraturan KPU sebelum melayangkan nota protes. Lebih jauh, dirinya melihat banyak partai kehilangan berkas di dalam tahapan verifikasi administrasi. "Kita akan memberitahukan masalah ini ke MK dan KPU," tandasnya.
Di lain pihak, Ketua Umum Partai Damai Sejahtera (PDS) Denny Tewu menyatakan pihaknya tidak segan-segan melayangkan gugatan ke ranah hukum jika KPU terbukti secara sepihak merugikan partai yang dinakhodainya itu. Hal tersebut diungkapkan Denny saat menanggapi hasil verifikasi administrasi KPU yang tidak meloloskan PDS.
 "Kami (PDS) akan klarifikasi ke KPU dulu karena tanda terima (berkas verifikasi administrasi) di KPU. Selain itu, kami juga ingin tahu apanya yang tidak lolos," kata Denny seraya menambahkan PDS akan langsung melakukan pengecekan ulang ke KPU. Hal itu berkaitan dengan data yang sudah diajukan partai tersebut. Pengecekan tersebut sehubungan dengan syarat KPU yang tidak dipenuhi oleh PDS, sehingga partai tersebut dinyatakan tidak lolos.
Selain 3 parpol keluarga Cendana, Partai Serikat Rakyat Independen yang mengusung Sri Mulyani juga dinyatakan tidak lolos KPU.  "Bagi partai yang lolos akan dilakukan verifikasi faktual. KPU akan diperiksa secara fisik sesuai perundang-undagan. Besok, tim yang beranggotakan 33 orang akan melaksanakannya (verifikasi faktual)," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam keterangan persnya. COK
Berikut adalah parpol yang dinyatakan KPU memenuhi syarat administrasi:
  1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  2. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  3. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  4. Partai Bulan Bintang (PBB)
  5. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  6. Partai Amanat Nasional (PAN)
  7. Partai Golongan Karya (Golkar)
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  10. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)
  11. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
  12. Partai Demokrat
  13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  14. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB)
  15. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
  16. Partai Persatuan Nasional (PPN)
Sedangkan parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi oleh KPU berjumlah 18 parpol. Dengan demikian, kedelapanbelas parpol tersebut dipastikan tidak dapat berlaga di pemilu 2014. Parpol-parpol itu adalah:
  1. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)
  2. Partai Kesatuan Demokrasi (PKDI)
  3. Partai Kongres
  4. Partai Serikat Rakyat Independen (SRI)
  5. Partai Karya Republik (Pakar)
  6. Partai Nasional Republik (Nasrep)
  7. Partai Buruh
  8. Partai Damai Sejahtera (PDS)
  9. Partai Republika Nusantara
  10. PNI Marhaenisme
  11. Partai Karya Peduli Bangsa (PKBP)
  12. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI)
  13. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)
  14. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)
  15. Partai Republik
  16. Partai Kedaulatan
  17. Partai Bhineka Indonesia
  18. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger