' PAN Persiapkan Edi Darnadi Dampingi Dede Yusuf di Pilgub - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PAN Persiapkan Edi Darnadi Dampingi Dede Yusuf di Pilgub

PAN Persiapkan Edi Darnadi Dampingi Dede Yusuf di Pilgub

Written By dodi on Wednesday, October 10, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jabar Irjen Pol.PurnEdi Darnadi kini mulai digadang-gadang menjadi salah satu calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampingi Dede Yusuf dalam Pilgub Jabar 2013. Sejauh ini, Mantan Kapolda Jabar itu dinilai paling layak maju dibanding kader PAN lainnya. Terlebih, Edi merupakan purnawirawan jendral polisi bintang dua yang pernah menjadi pembina keamanan dan ketertiban di wilayah Jabar.

"Sejauh ini baru Pak Edi yang sangat menonjol dan memang sudah membangun soliditas PAN se-Jabar," kata Ketua DPP PAN Bidang Politik dan Hubungan Luar Negeri, Bima Arya, saat ditemui di Hotel The Trans Luxury, Kota Bandung, Selasa (9/10). Menurutnya, kader PAN pasti menginginkan salah seorang kadernya menjadi wagub. "Tentu sangat ideal bagi kader PAN jika mendampingi Kang Dede," ucapnya.

Meski Edi digadang-gadang jadi wagub, hal itu belum pasti. Sebab masih ada pembicaraan yang harus dilakukan di internal DPP PAN. "Kita lihat proses politik ke depan," tegasnya. Selain membicarakan siapa wagub dari PAN, pembicaraan soal koalisi juga perlu dimatangkan. Komposisi gubernur dan wagub juga perlu dibahas lebih lanjut dengan partai calon mitra koalisi. Sejauh ini, PAN memang belum mengumumkan sikap resminya terkait pilgub. Namun PAN memberi sinyal akan mengusung Dede Yusuf.

Dalam kesempatan itu, Bima juga mengomentari kemungkinan melemahnya dukugan kader PAN terhadap Dede Yusuf. Lantaran kerabat Bupati Kuningan Aang Hamid Sugandi ini hijrah dari PAN ke Partai Demokrat. Meski berpaling dari PAN, sepertinya para elite partai berlambang matahari putih itu kemungkinan besar akan mendukung Dede Yusuf.

Bima tidak memungkiri jika ada pro kontra di internal PAN soal dukungan bagi Dede Yusuf. Apalagi jika mengingat 'luka' masa lalu saat Dede tiba-tiba hijrah ke Demokrat setelah setelah jadi wagub Jabar. "Pro dan kontra, setuju dan tidak setuju adalah hal biasa dalam partai politik. Perdebatan selalu ada dan sangat wajar," ujar Bimanya.

Sejauh ini, PAN baru sebatas memberi sinyal akan mendukung Dede meski belum ada keputusan resmi dari DPP. Jika ternyata ada keputusan resmi DPP mendukung Dede, kader harus taat dan menghargai keputusan partai. Sebab kebijakan partai dalam domain Pilgub Jabar adalah ranah kewenangan DPP.

"Pilgub itu hak prerogatif DPP. Ketika kebijakan sudah dibuat, semua harus samina wa atona (taat - red)," tegas Bima. Namun ia menyatakan dukungan PAN terhadap Dede baru sebatas sinyal dan arahan dari Ketum PAN Hatta Rajasa. "Jadi memang sudah ada aba-aba, tapi belum ada SK atau keputusan DPP," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger