' Minum Susu Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Kecerdasan Anak - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Minum Susu Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Kecerdasan Anak

Minum Susu Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Kecerdasan Anak

Written By dodi on Wednesday, October 17, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Minum susu minimal bernutrisi tinggi sebanyak segelas sehari, ternyata mampu mendukung kognitif pada anak di dalam rentang usia sejak masih dalam kandung hingga dua tahun atau kerap disebut sebagai periode emas. Peranan nutrisi yang berada dalam susu mampu menjadi penyeimbang antara pertumbuhan otak, fisik, kognitif serta afektif pada anak. Dalam rentang usia hingga dua tahun atau terhitung 1.000 hari pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi yang berguna bagi tumbuh kembang kecerdasan pada otak.

Kepada wartawan baru-baru ini, pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Saptawati Bardosono, mengatakan dengan mengkonsumsi nutrisi secara rutin, otak mampu mendapatkan signal dari beberapa hormon untuk mengatur kerja tubuh. Karena nutrisi itu berguna untuk membangkitkan hipotalamus yang merupakan pembangkit stimulasi sensorik.

Hal itu berguna untuk sistem sensor. Misalnya mengatur kapan waktunya seseorang untuk merasa lapar serta waktu dimana perut akan terasa kenyang dan berhenti untuk makan. Untuk anak dalam periode emas sendiri, makanan yang paling baik dikonsumsi adalah air susu ibu (ASI).

ASI sendiri diketahui memiliki kandungan zat yakni asam lemah tak jenuh ganda yang merupakan omega 3. Itu akan mendukung perkembangan kognitif pada anak. "Anak dalam periode emas itu harus terpenuhi semua kebutuhannya. Susu itu yang utama. Memberikan susu atau ASI secara rutin mampu mempengaruhi kognitif pada anak," ujar Saptawati.

Dari penelitian uji manfaat isomaltulosa yang dilakukan Friesland Campina bekerjasama dengan para akademisi Unit Riset Kedokteran Universitas Indonesia, terbukti susu dengan isomaltulosa memiliki pengaruh positif. Penelitian sendiri dilakukan terhadap 127 anak (60 anak laki-laki dan 67 anak perempuan) dengan usia 5-6 tahun dalam rentang waktu tiga bulan untuk mengetahui konsistensi manfaat dari isomaltulosa terhadap kinerja kognitif anak.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat isomaltulosa bagi perkembangan kognitif anak terhadap jumlah partisipan yang lebih banyak dengan rentang waktu yang lebih lama. Isomaltulosa sendiri merupakan sejenis karbohodrat bertipe spesifik dengan indeks glikemik rendah yang menyediakan energi lebih lama bagi tubuh dan otak.

Sehingga, secara teori, hal ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja kognitif anak dibandingkan terhadap karbohidrat dengan indeks glikemik lebih tinggi seperti maltodekstrin, sukrosa dan lain-lain. Hasil studi ini menunjukan manfaat isomaltulosa dalam susu pertumbuhan terhadap kinerja kognitif selama tiga jam setelah konsumsi yang berfokus pada perhatian dan ingatan terhadap anak-anak Indonesia di usia 5-6 tahun.

Selanjutnya telah terindikasi bahwa minuman susu dengan isomaltulosa telah menunjukkan pengaruh positif pada parameter ingatan dan perhatian jika dibandingkan dengan produk studi minuman susu pertumbuhan standar. "Karbohidrat itu dirubah menjadi isomaltulosa. Dan untuk anak-anak, itu sangat penting," ujar Nutritional & Clinical Trial Monitor FrieslandCampina, Eilardus Koen (Eiko) de Jong saat ditemui dalam acara Frisian Flag di Kota Bandung, awal pekan ini. FER/CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger