' Laga Kompetisi Liga Pendidikan Indonesia Tim Pelajar dari 33 Provinsi Berebut Piala Presiden - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Laga Kompetisi Liga Pendidikan Indonesia Tim Pelajar dari 33 Provinsi Berebut Piala Presiden

Laga Kompetisi Liga Pendidikan Indonesia Tim Pelajar dari 33 Provinsi Berebut Piala Presiden

Written By dodi on Tuesday, October 16, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - Kompetisi Liga Pendidikan Indonesia (LPI) yang memperebutkan Piala Presiden kembali digulirkan. Laga perdana tim pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di kompetisi LPI babak 33 besar tersebut dijadwalkan berlangsung secara serentak di delapan kota di Indonesia mulai Rabu (17/10).

Ketua Liga Pendidikan Indonesia Toho Cholik Mutohir menjelaskan, liga pendidikan merupakan wadah pendidikan, pembinaan, dan pengembangan sepak bola berbasis sekolah yang diselenggarakan secara teratur dan kontinyu. Pada tahun pembinaan 2011-2012, pelaksanaan pertandingan didahului dengan laga babak 33 besar bagi sekolah menengah pertama (SMP) sederajat.

Sebanyak 33 tim dibagi dalam delapan grup yang berlangsung di delapan kota, yakni Banda Aceh (Grup A), Pangkal Pinang-Bangka Belitung (Grup B), Bengkulu (Grup C), Semarang (Grup D), Surabaya (Grup E), Denpasar (Grup F), Ternate, Maluku Utara (Grup G) dan Manokwari, Papua Barat (Grp H).

Dari masing-masing grup, akan diambil para pemenang untuk masuk ke babak delapan besar. Babak delapan besar sampai semifinal akan dilangsungkan di Stadion Pajajaran di Kota Bogor, Jawa Barat. Adapun babak final akan digelar di Stadion Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta.

Sekretaris Liga Pendidikan Indonesia Edhy Prasetyo mengatakan, kompetisi akan berlangsung ketat karena yang masuk dalam babak 33 besar ini merupakan tim-tim juara di masing-masing provinsi. Pertandingan babak 33 besar menggunakan sistem setengah kompetisi dengan durasi 2x30 menit.

Tahun lalu, gelar juara diambil wakil dari Jawa Timur, yakni SMPN 3 Gresik, yang pada partai puncak mengalahkan wakil dari Jawa Tengah, SMPN 4 Semarang. Menyiapkan bibit, Edhy menyebut, hadirnya liga pendidikan sebagai salah satu upaya untuk menyiapkan bibit-bibit pemain berbakat untuk keperluan tim nasional.

"Kita punya potensi yang sangat besar. Lewat kompetisi ini, potensi itu berusaha kami gali. Tapi itu juga tergantung bagaimana PSSI bisa memanfaatkan potensi yang ada nantinya," ujar Edhy seraya menambahkan pihak LPI sendiri tidak akan menyia-nyiakan pemain berbakat yang muncul dari kompetisi LPI.

Bulan Juni lalu, tambah Edhy, pihaknya mengirim delapan pelajar terbaik hasil penjaringan LPI ke Spanyol untuk berlatih sepak bola dan menempuh pendidikan akademi di negeri yang dikenal memiliki klub-klub terbaik di dunia. Mereka kelak dipersiapkan menjadi pemain tim nasional Indonesia.

Delapan siswa tersebut adalah M Dimas Drajat (Gresik), Dwi Candra dan Thomas Kristianda (Semarang), Ronaldo Rorumbula (DIY), Charlie Karonika (Riau), Aldo Cladeo (DKI Jakarta), Muhammad Ilham Fahrisi (Tangerang), dan TM Ichsan dari Aceh. Sebelum berangkat mereka sudah menjalani program persiapan dan latihan selama enam bulan di Semarang. Jawa Tengah. CPS/KCM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger