' KPUD Pastikan Pemilukada Purwakarta Banyak Golput - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » KPUD Pastikan Pemilukada Purwakarta Banyak Golput

KPUD Pastikan Pemilukada Purwakarta Banyak Golput

Written By dodi on Monday, October 29, 2012 | 7:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ)- Pesta demokrasi Pemilukada Purwakarta yang akan digelar 15 Desember 2012 mendatang, diprediksi akan banyak golput (golongan putih). Hal itu disebabkan, banyak warga Purwakarta yang tidak berada di tempat karena bekerja di luar daerah dan luar negeri.

“Kendati tidak ada ditempat, tetapi mereka masuk dalam daftar pemilih dan tidak dicoret. Sebab secara faktual orangnya ada dan masih terdaftar dalam kartu keluarga,” ungkap Deni Ahmad Haidar, Ketua KPUD Purwakarta kepada LINGKAR JABAR..

Ia mengatakan, hasil penambahan sebanyak 636.454 pemilih sebagai acuan dalam DPS (daftar pemilih sementara), tetapi data ini masih terus dilakukan verifikasi untuk dijadikan DPT (daftar pemilih tetap).

Yang jadi persoalan KPU sekarang ini, kata dia lagi, KPU tidak memiliki kewenangan untuk membuat tempat pemungutan suara (TPS) dimana mereka sekarang ini bekerja, apalagai jumlahnya tidak sedikit.

Dari hasil supervey, sambung Deni, di Desa Sindang Panon terdapat 400 orang warga desa setyempat tidak ada di tempat karena merantau. Bahkan di Kecamatan Bojong, warga yang berprofesi sebagai operator pertambangan minyak jumlah mencapai 500 orang.

"Dan mereka sekarang ini tidak berada di kampung halamannnya," ujarnya.

Jumlah warga yang tidak berada di tempat, bisa lebih besar lagi jika menilik mereka yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diluar negeri, baik sebagai PRT maupu tenaga profesional. Sehingga, mereka yang tidak ada di kampung halaman pada saat pilkada beroptensi menjadi golput.

Sementara, Ketua Majelis Komite Independen Pemantau pemilu (KIPPDA) Kabupaten Purwakarta, Hikmat Ibnu Aril mengatakan, partai politik turut bertanggungjawab terhadap sikap golput selain pemerintah dan penyelenggara pemilu. Namun porsi tanggung jawab parpol lebih besar, karena salah satu tugas mereka melakukan pendidikan politik. YAS
   
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger