' KPU Pusat Apresiasi Pendaftaran Calon Gubernur Independen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » KPU Pusat Apresiasi Pendaftaran Calon Gubernur Independen

KPU Pusat Apresiasi Pendaftaran Calon Gubernur Independen

Written By dodi on Friday, October 5, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Ferry Kurnia Rizkiansyah mengaku kaget melihat antusiasme warga yang mendaftar menjadi Bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 melalui jalur perseorangan. Pasalnya, jalur non partai tersebut diperkirakan memakan biaya anggaran untuk bisa mengumpulkan 1,4 juta dukungan.

“Saya kaget, ternyata ada komponen masyarakat bisa mengumpulkan 1,4 juta dukungan, bahkan katanya lebih. Walaupun belum terverifikasi, tetapi adanya penyerahan berkas dukungan patut diapresiasi. Padahal saya memprediksi hanya ada satu dari independen,” kata Ferry usai melakukan kunjungan ke Sekretariat KPU Jabar, Kota Bandung, Kamis (4/10).

Menurutnya, KPU tidak bisa menghentikan jumlah pendaftar dari jalur perseorangan itu. Pihaknya, hanya bisa mengingatkan koridor dengan berharap semua yang akan bertarung bisa memahami aturan dan mekanisme yang ditetapkan perundang-perundangan melalui Peraturan KPU. “Misalnya kalau dukungannya di-delete, jangan sampai ada gugatan. Atau kalau melenggang memahami track-nya,” tandasnya.

Sementara itu, KPU Jabar mengembalikan berkas dukungan dari tujuh kabupaten/kota milik pasangan Irjen Dikdik Mulyana Arief Mansyur-Cecep Nana Suryana Thoyib (Dikdik-Thoyib). Berkas-berkas tersebut diserahkan kepada tim kampanye Dikdik-Thoyib untuk diperbaiki sesuai persyaratan administrasi pencalonan dari perseorangan atau independen.

“Kemarin (Rabu, 3/10/2012) malam sudah dikeluarkan berkas dukungan dari tujuh kabupaten kota. Berkas itu belum ditindak sebagai pengurangan jumlah dukungan karena masih bisa diperbaiki. Kita serahkan ke tim kampanye dan kita tanya dulu apakah dieksekusi dikurangi atau diperbaiki? Ternyata mereka meminta diperbaiki,” ujar Sekretaris Pokja Pencalonan Independen KPU Jabar Teppy Wawan Dharmawan saat ditemui di kantor KPU Jabar.

Berkurangnya dukungan itu, kata Teppy, berarti dukungan untuk pasangan Dikdik-Thoyib tinggal tersisa 12 kabupaten/kota. Namun saat ini masih dalam proses, terlebih pasangan Dikdik-Thoyib akan menambah jumlah dukungan lagi dari tujuh kabupaten/kota. "Sampai kemarin jam 23.00 WIB, yang sudah masuk setelah diverifikasi administrasi ada 19 kabupaten kota. Dari 19 daerah yang diserahkan, 7 dikembalikan. Kalau 12 daerah sudah tertib. Hari ini mereka akan menambah dukungan dari 7 kabupaten kota lagi," tuturnya.

Menurut Teppy, berkas yang dikembalikan akibat persoalan nomor urut berkas tidak lengkap sehingga mempengaruhi jumlah akhir per PPS. Kemudian ada berkas yang tidak tertandatangani oleh pendukung, serta tertinggal belum dibubuhi materai. "Kita masih menghitung berkas verifikasi administrasi. Semua dilakukan bertahap. Penghitungan berjalan lancar karena dihadiri juga oleh tim sukses dan panwaslu," tegasnya.

Terkait pasangan Dedeng Yusuf Maolani-Maman Daning (Damang), Teppy mengatakan, mereka belum menambah berkas dukungan. Padahal sebelumnya mereka sesumbar telah mengantongi 2 juta dukungan yang tersebar di 26 kabupaten/kota se-Jabar. "Pasangan Damang ini akan mulai melengkapi hari ini, tetapi ternyata tidak menambah volume. Berkas dukungan yang sudah diserahkan masih dari 11 kabupaten kota," katanya.

Teppy menjelaskan pasangan Damang masih memiliki waktu untuk melengkapi berkas dukungan sesuai persyaratan sampai hari ini, Jumat (5/10). “Nggak apa-apa walaupun tidak ada penambahan. Kan masih ada waktu sampai besok. Kalau tidak dilengkapi, ya sudah berarti gugur,” pungkasnya. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger