' -Kotor dan Banyak Lalat Warga Keluhkan Kondisi Puskesmas Gebang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » -Kotor dan Banyak Lalat Warga Keluhkan Kondisi Puskesmas Gebang

-Kotor dan Banyak Lalat Warga Keluhkan Kondisi Puskesmas Gebang

Written By dodi on Friday, October 19, 2012 | 7:00 AM

KAB CIREBON (LJ)- Meski perlengkapan alat kesehatan di Puskesmas Gebang, di Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon terbilang lengkap, namun di dalam ruangan pelayanan terlihat kotor dan banyak lalat. Kondisi seperti itu dikeluhkan warga yang berobat, karena dinilai sangat menganggu pasien yang sedang dirawat di Puskesmas tersebut.
 
Abah, warga Gebang mengeluhkan kondisi puskesmas tempatnya dirawat yang pengap dan kotor. Menurutnya kondisi tersebut jelas sangat tidak baik untuk tempat pelayanan kesehatan, apalagi keberadaannya di puskesmas.

“Lantainya kotor dan banyak lalat mas. Apalagi kalau sudah ke kamar mandi seperti bukan puskesmas,” akunya kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Keluhan sama juga diungkapkan Ny. Fatikah, ia menilai kondisi puskesmas yang kotor dan selalu dipenuhi lalat sudah terjadi lama, namun anehnya sampai sekarang belum juga ada upaya dari pihak puskesmas maupun Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kalau sedang sakit, saya selalu berobat ke puskesmas ini karena jaraknya dekat dengan rumah. Tapi setiap kali berobat, kondisi lantai kotor maupun lalat beterbangan selalu saya rasakan. Harusnya pihak puskesmas segera mengatasi masalah itu, sebab sangat menganggu dan jorok sekali," ujarnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Gebang saat akan di konfirmasi masalah tersebut dirinya sedang tidak ada di tempat karena sedang ada rapat diluar. Tetapi, salah seorang staf puskesmas menyarankan agar menemui dokter yang dipercaya sebagai perwakilan kepala.

Saat ditemui, Dr. Prabowo yang dipercayakan mewakili kepada puskesmas mengakui, apabila kondisi ruangan yang ada di puskesmas Gebang kotor. Ia menjelaskan, sebetulnya setiap pagi puskesmas ini selalu dibersihkan dan  dirapikan, namun hal itu dirasa tidak efektif mengingat pola kebersihan dari para staf puskesmasnya yang terlihat kurang peduli.

“Kondisi ini memang kurang baik ya mas, karena ini kan tempat pelayanan kesehatan dan memang di puskesmas tidak ada aturan atau kode etik kebersihan untuk para staf. Toh kalau melihat kondisinya seperti sekarang, wajar saja jika warga atau pasien mengeluhkan," jelasnya.

Ketika disinggung mengenai adanya bantuan dana dari pemerintah untuk pemeliharaan gedung, Ia mengatakan selama ini puskesmas sama sekali tidak ada bantuan dana untuk pemeliharaan gedung.

 “Untuk bantuan seperti itu kayanya belum pernah dapet mas. Saya juga tidak terlalu paham masalah itu,” tukasnya. EKA/PIP C.12

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger