' Kita Harus Lebih Melibatkan dan Mencintai Batik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kita Harus Lebih Melibatkan dan Mencintai Batik

Kita Harus Lebih Melibatkan dan Mencintai Batik

Written By dodi on Friday, October 5, 2012 | 7:00 AM


Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengajak bangsa Indonesia, khususnya para pelajar menghormati batik. Bentuk penghormatan bahkan harus lebih tinggi dari penghormatan bangsa di dunia terhadap batik.

"Kalau bangsa di dunia hormati batik, kita yang merupakan negara asalnya (batik) harus lebih menghormati batik, lebih dari penghormatan bangsa lain terhadap batik," kata Heryawan di sela peringatan Hari Batik Nasional di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (2/10/2012).

Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO, batik harusnya lebih dihormati. Batik diharapkan dipakai lebih sering dalam kehidupan sehari-hari.

Heryawan berharap, para pelajar dan masyarakat makin gemar memakai batik. Sebab batik menggambarkan identitas bangsa. "Cintai budaya bangsa, pertahankan identitas kita sebagai bangsa," tegasnya.

Heryawan mengatakan, jika makin banyak masyarakat mencintai batik, diyakini ekonomi masyarakat juga akan meningkat, khususnya mereka yang berkecimpung di dunia batik. "Justru dengan budaya batik ekonomi akan menggeliat," paparnya.

Disinggung dilibatkannya pelajar dalam peringatan Hari Batik Nasional, ia menyebut itu sengaja. Salah satunya agar para pelajar memiliki kecintaan terhadap batik.

"Mereka adalah simbol pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa," ucapnya. Jika berawal dari kecintaan pada batik ditanamkan sejak mereka masih muda, maka kecintaan mereka terhadap batik diharapkan makin kuat setelah dewasa nanti.

(ors/ern)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger