' Kesenian Genyek Purwakarta Raih Juara II Tingkat Nasional - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kesenian Genyek Purwakarta Raih Juara II Tingkat Nasional

Kesenian Genyek Purwakarta Raih Juara II Tingkat Nasional

Written By dodi on Thursday, October 11, 2012 | 7:00 AM


KAB PURWAKARTA (LJ)- Masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta harus berbangga hati dengan kesenian tradisional wilayahnya tersebut. Pasalnya, Kesenian Genyek Purwakarta atau yang dikenal dengan Kota Simpingnya itu, telah berhasil meraih peringkat II tingkat Nasional dalam Helaran Festival Kemilau Nusantara tahun 2012 yang digelar di Kota Bandung Jawa Barat (Jabar).

Untuk meraih juara tingkat nasional, tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan bagi Tim Kesenian Genyek Purwakarta. Sebelumnya diajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Barat yang di gelar di Kota Bogor, kesenian Genyek berhasil menduduk peringkat pertama, hingga akhirnya mewakili Jawa Barat di ajang nasional.

Festival yang dimulai star dari gedung Pusda’i kemudian Jalan RE Mardinata hingga Jalan Dipenogoro Kota Bangung itu, menjadi pusat perhatian masyarakat yang ingin melihat secara langsung kesenian Genyek Purwakarta tersebut.

Manusia tanah yang juga merupakan bagian dari tim kesenian Genyek, tak luput dari jepretan masyarakat yang ingin foto bersama ketika menghadiri Heleran Festival Kemilau Nusantara. Ini tentu saja membuktikan, apabila kesenian Genyek merupakan kesenian langka dan harus terus dilestarikan serta dikembangkan.

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) Kabupaten Purwakarta, Nana Mulyana menyampaikan penghargaan dan apresiasinya kepada Tim Kesenian Genyek yang telah berhasil menorehkan prestasinya dengan menduduki juara II tingkat nasional. Keberhasilan itu, juga merupakan keberhasilan masyarakat Purwakarta dan Jabar.

 "Kita berharap agar kesenian Genyek terus dilestarikan dan dikembangkan masyarakat Purwakarta," ungkapnya kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Hal senda juga diungkapkan, Nani Mardiani, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Purwakarta, tim kesenian Genyek yang berhasil mendapatkan juara dua tingkat nasional, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Terlebih lagi, tim kesenian ini diisi oleh para anak muda Purwakarta.

Pemkab Purwakarta akan terus mendorong dan mengembangkan potensi seni dan budaya di Purwakarta. Hal itu sesuai dengan arahan Bupati Purwakarta, yang terus mendorong kesenian dan budaya tradisional agar lebih terasah dan mampu bicara ditingkat nasional maupun jabar.

Sementara, Yusman Kamal, Ketua Padepokan Leuweung Seni yang membawahi Kesenian Genyek mengaku, apa yang sudah dicapainya dengan menorehkan prestasi hingga tingkat nasional, merupakan suatu keberhasilan diluar dugaan. Kenapa, sebab banyak kesenian dari provinsi lain di Indonesia keberadaannya sangat baik, terutama Jawa Timur yang keluar sebagai juara pertama.

Namun demikian, Yusman dan Tim Genyek Purwakarta tidak merasa puas atas apa yang telah diraihnya tersebut. "Walaupun kita belum terlalu puas dengan keluar sebagai juara II tingkat nasional, yang lebih penting lagi kesenian Genyek bisa dicintai masyarakat maupun generasi muda Purwakarta, disamping tetap dipertahankan dan dikembangkan lagi," tukasnya. YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger