' Kemilau Nusantara, Ajang Seni dan Budaya Nusantara - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kemilau Nusantara, Ajang Seni dan Budaya Nusantara

Kemilau Nusantara, Ajang Seni dan Budaya Nusantara

Written By dodi on Monday, October 8, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Ribuan warga berdesakan guna menyaksikan acara Kemilau Nusantara 2012 di Kota Bandung, (6-7/10). Acara ini menampilkan kirab seni budaya dari 20 provinsi dan sejumlah perwakilan kota dan kabupaten Jawa Barat. Masyarakat berbagai usia dan kalangan ini menyaksikan satu persatu pertunjukan seni dan budaya tiap daerah.

Ragam tarian dan atraksi dipamerkan masing-masing daerah yakni NAD, Kepulauan Riau, Jambi, Sumsel, Bangka Belitung, Jabar, Jakarta, Jateng, Jatim, NTT, NTB, Kalteng, Kaltim, Kalbar, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara.

Iring-iringan kirab ini dimulai di Jalan Diponegoro (depan Geologi) hingga depan Gedung Sate. Warga mengabadikan kirab tersebut menggunakan kamera ponsel dan kamera pocket digital. "Seru acaranya. Jarang melihat pertunjukan seni budaya dari wilayah luar Jabar. Menarik ini," ujar Maulana (39), warga Kota Bandung, yang datang bersama keluarganya. Beberapa daerah menampilkan seni khas, misalnya Papua Barat membawakan tarian wion, Sumedang memamerkan pencak silat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari mengungkapkan, sebanyak 21 provinsi dan 26 kabupaten-kota se-Jawa Barat ikut menyemarakan acara helaran atau Kemilau Nusantara ke-9 yang bertemakan 'Gemerlap Budaya Nusantara' ini.

"Helaran massal ini akan menampilkan kekayaan berbagai bentuk ungkapan seni budaya yang dimiliki berbagai provinsi di Indonesia ditambah penampilan seni budaya dari 26 kota/kabupaten se-Jawa Barat, baik berupa tari, musik, teater, pakaian khas yang diramu sedemikian rupa sehingga menjadi tontonan yang menarik," ujarnya.

Beberapa provinsi yang ikut adalah Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat dan Maluku Utara.

Sedangkan untuk Kabupaten dan Kota di Jawa Barat di antaranya Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Karawang, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Banjar, dan Kota Bekasi.

Selain pagelaran Kemilau Nusantara juga akan menampilkan berbagai produk unggulan, kuliner, kerajinan, informasi pariiwisata serta lomba foto dengan objek-objek yang ada di helaran Kemilau Nusantara. Lomba foto dilaksanakan 6 Oktober dari pagi hingga malam hari. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger