' Kaulinan Urang Lembur Ajang Pembentuk Karakter Generasi muda - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kaulinan Urang Lembur Ajang Pembentuk Karakter Generasi muda

Kaulinan Urang Lembur Ajang Pembentuk Karakter Generasi muda

Written By dodi on Monday, October 29, 2012 | 7:00 AM

KAB BANDUNG (LJ) - Kaulinan Urang Lembur adalah media pembelajaran seorang anak untuk menghadapi masa depan, dengan bermain mereka dapat mengenal budaya dan tradisi leluhurnya.

Demikian diungkap Hj. Nia Kurnia Dadang M. Naser, Ketua Federasi Masyarakat Indonesia (FORMI), ketika memberi sambutan pada pembukaan Hoong Olah Raga Tradisi (OLTRAD), Minggu, (28/10)  di Lapang Upakarti Pemerintah Kabupaten Bandung. Seraya mengatakan, permainan ini mengandung filosofi di dalam berbagai aspek. Seperti pelatihan kepemimpinan, keuletan, kesabaran, juga ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

"Untuk itu perlu adanya pengembangan dengan mengembalikan tradisi ini kepada generasi muda mendatang. Sebab OLTRAD adalah bentuk kreativitas dari Kab. Bandung dan Kominitas Hoong dalam menegakan dan menghargai kekaryaan masyarakat," jelasnya.
   
Bila didefinisikan lebih mendetail, lanjut Hj. Nia Kurnia, permainan dan mainan adalah media pembelajaran seorang anak untuk menghadapi masa depannya, semangat bermain dan mengenal budaya itu yang menjadi ide dasar . Lanjut dia, kegiatan ini terselenggara dengan bekerja sama komunitas Hoong yang berada di wilayah Kab. Bandung bersama M. Zaini Alif. Maka terwujudlah Hoong OLTRAD yang merupakan media pengenalan mainan trdisional untuk masyarakat dengan dengan media acara berbentuk wahana-wahana yang mengajak peserta bermain dan mengenal mainan tradisonal.
   
Dari 31 Kecamatan hanya 27 Kecamatan yang turut berpartisipasi dengan jumlah peserta bermain yang terdiri dari 10 wahana yang menjadi yang diaminkan, diantaranya: Jajangkungan, Sorodot Gaplok, Kelom Batok, Rorodaan, Babalonan Sarung, Pangal, Bedil Jepret, Sumpit, Gatrik, dan Papancakan. Semua permainan ini berorientasi untuk melatih konsentrasi, ketepatan, kecepatan, keseimbangan, tanggung jawab, juga kebersamaan. Dengan demikian akan tercipta sebuah karakter generasi muda yang dinamis. Sekaligus memberikan rasa cinta kepada generasi muda untuk bisa mencintai budayanya sendiri.
   
“Komunitas Hoong sendiri akan dibawa ke tingkat dunia, diawali dengan kegiatan di Jogyakarta yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-18 November 2012 nanti dengan mengundang 600 guru-guru seluruh nusantara. Agar mereka bisa mengenal mainan dan permainan asli daerah sendiri," jelas Nia Kurnia.

Selanjutnya tutur Nia Kurnia, Hoong akan akan membawa OLTRAD ini ke Kinibalu, Malaysia, pada tanggal 28 November-4 Desember 2012 nanti, dengan mengundang 7000 anak Indonesia yang ada di Kinibalu. Dimana mainan dan permainan ini bisa dijadikan sebagai media pengenalan budaya Indonesia agar bisa kembali mencintai tanah airnya sendiri. Terutama bagi anak-anak yang selama ini tidak mengenal atau tidak tahu sama sekali,” kata Hj. Nia Kurinia.
   
Melalui permainan dan mainan ini mereka secara langsung akan akan diperkenalkan tentang nilai-nilai dan semangat kebangsaan Indonesia. Sementara yang masih dalam perencanaan mendatang adalah membawa OLTRAD ini pada bulan September 2013 nanti di Melbourne Australia, dengan mengundang masyarakat Indonesia yang ada di Australia untuk mencoba dan bermain bersama mainan dan permainan tradisi Indonesia.
   
Sementara itu Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, pada kesempatan yang sama mengungkapkan, maju mundurnya sebuah bangsa berasal dari pengembangan akar budaya. Dari akar budaya tersebut terus terjadi pengembangan-pengembangan pembangunan. Seperti tingkat keseimbangan dan kedisiplinanlah yang berasal dari akar budaya itu yang menjadikan sebuah bangsa berkembang dan maju. Maka dari itu, melalui OLTRAD diharapkan bisa menjadi sebuah jalan bagi masyarakat untuk bisa mengembangkan kreativitas dan keseimbangan kehidupan. (Gus).














Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger