' Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor Geber Pelayanan Prima - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor Geber Pelayanan Prima

Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor Geber Pelayanan Prima

Written By dodi on Monday, October 29, 2012 | 7:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Kantor Pertanahan (eks BPN) Kabupaten Bogor (KPKB) ternyata sudah siap menyesuaikan diri dengan perkembangan saat ini yang menuntut adanya pelayanan publik yang cepat dan inovatif. Melalui berbagai program yang digeber sejak 2011 lalu, KPKB terus berupaya memberikan pelayanan prima dengan sebaik mungkin untuk memudahkan sekaligus memuaskan masyarakat, khususnya yang hendak mengurus keperluan terkait pertanahan.

Seperti halnya yang terlihat dari kondisi gedung KPKB di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, yang banyak mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya. Sistem pelayanan yang diberikan telah banyak mengalami perubahan, yang mencolok pembenahan di loket pelayanan serta adanya penempatan petugas (manager) loket yang mengendalikan kinerja staf loket pelayanan.

Loket pelayanan ini bertanggungjawab untuk menerima dan memproses berkas yang masuk. Karenanya tak heran, petugas loket yang ditempatkan adalah SDM yang berkemampuan cakap dan telah lulus seleksi internal. "Kepada petugas loket, kita tanamkan kedisiplinan dan keramahan. Jangan sampai muncul keluhan berulang-ulang, seperti adanya pengutipan uang atau membuang waktu kerja," papar Kepala KPKB Joko Heriyadi kepada LINGKAR JABAR, akhir pekan lalu.

Joko menegaskan, pihaknya ingin lebih mempermudah masyarakat dan sekaligus menciptakan rasa nyaman bagi masyarakat yang datang. "Dengan bertahap, saya dan jajaran kantor pertanahan Kab.Bogor, berkeinginan mewujudkan pelayanan prima. Selain loket ada pula program lainnya yang kita gelar, seperti pelatihan dan pendidikan SDM internal dan juga bimbingan teknis pertanahan yang menjangkau aparatur Pemkab Bogor di desa dan kecamatan," ujarnya.

Sebelumnya, KPKB juga menjalin kerjasama dengan Bank BRI dengan menempatkan kantor kas Bank BRI pada sudut ruang pelayanan, yang tujuannya untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran BPHTB. "Keberadaan kantor kas salahsatu perbankan ini sangat membantu masyarakat dalam bertransaksi, dan sekaligus dapat mempersingkat waktu," tutur Joko Heriyadi yang didampingi Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah KPKB Kab.Bogor, Rusli Yakob.

Menyinggung soal pelayanan Larasita dan Prona oleh Kantor Pertanahan Kab.Bogor, Joko menambahkan, hal ini bertujuan untuk meringankan masyarakat dalam hal pembiayaan. Karena, dalam program ini masyarakat tidak lagi harus mengeluarkan biaya untuk kepengurusan sertifikasi lahan/tanahnya. "Semua biaya sudah ditanggung oleh pemerintah, dengan kata lain program sertifikasi tanah masyarakat dilakukan secara gratis tanpa sesenpun biaya," pungkas Joko. BSR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger