' Kabupaten Bogor Nominator IGA 2012 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kabupaten Bogor Nominator IGA 2012

Kabupaten Bogor Nominator IGA 2012

Written By dodi on Tuesday, October 9, 2012 | 7:00 AM


KAB.BOGOR (LJ) -  Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) menerima penghargaan nominator terpilih dari Kantor Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI),  atas Innovative Government Award (IGA) tahun 2012, Senin (8/10) di Gedung Sasana Bhakti Praja.

Bersama 29 nominator lainnya yang merupakan bupati serta walikota se-Indonesia, Bupati Bogor RY menerima langsung piagam penghargaan ini dari Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendagri Diah Anggraeni.

Bupati menjadi nominator IGA 2012 atas inovasinya dalam program revitalisasi pertanian untuk menunjang ekonomi masyarakat berbasis pertanian. IGA ini sendiri telah dilaksanakan sejak 2007, dan merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendagri atas prestasi Pemerintah Daerah (pemda) dalam berinovasi untuk memajukan daerah serta masyarakatnya, selain itu juga untuk memotivasi Pemda agar selalu berkinerja maksimal dalam memajukan daerahnya.

Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, banyak Pemda yang melakukan berbagai inovasi untuk memajukan daerahnya. Hal tersebutlah yang mencetuskan adanya penghargaan atas kreativitas dan inovasi dari Pemda tersebut. "Ini merupakan bentuk penghargaan Kemendagri kepada Pemda atas inovasi-inovasinya dalam membangun daerahnya masing-masing," jelasnya.

Diah juga menekankan agar inovasi yang dilakukan Pemda harus sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat. "Inovasi-inovasi ini merupakan bukti kemampuan Pemda dalam menjalankan pemerintahannya, serta harus mampu meningkatkan kemandiriannya melalui berbagai inovasi, karena tanpa inovasi akan membuat masyarakatnya tertinggal dibandingkan kemajuan masyarakat daerah lain," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Rahmat Yasin menyatakan revitalisasi pertanian yang selama ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Bogor. "Revitalisasi pertanian yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ditujukan untuk memajukan perekonomian masyarakat," kata Bupati kepada sejumlah wartawan, kemarin.

RY menambahkan, saat ini sedang merencanakan pertanian yang akan disandingkan bersama sektor pariwisata. "Membangun kawasan wisata pertanian juga sedang kita kembangkan," tambahnya.

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh tim ahli IGA dan Kemendagri, ditetapkan 30 Pemerintah Daerah sebagai nominator IGA 2012, yaitu Kabupaten Bogor, Kota Banda Aceh, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Lampung Barat, Kota Tangerang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Purbalingga, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Surabaya, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Ponorogo, Kota Denpasar, Kabupaten Buleleng, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lembata, Kabupaten Balangan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sinjai, Kota Tual, dan Kabupaten Merauke.

Selain penyerahan piagam penghargaan nominator, acara ini juga diisi dengan seminar sosialisasi IGA tahun 2012. Sekjen Kemendagri menyatakan sosialisasi ini merupakan sebuah media bertukar pikiran antara para pemenang IGA 2011 bersama para nominator IGA 2012. DED






Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger