' Jumlah DPS Berkurang Delapan Persen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Jumlah DPS Berkurang Delapan Persen

Jumlah DPS Berkurang Delapan Persen

Written By dodi on Wednesday, October 3, 2012 | 7:00 AM


KAB PURWAKARTA (LJ)- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purwakarta minta PPK dan PPS terus melakukan update data pemilih sementara (DPS) Pemilukada Purwakarta 2012. Pasalnya, akibat adanya kesalahan pendataan jumlah DPS menjadi berkurang hingga delapan persen.

 “Untuk mendapatkan akurasi data, kami minta PPK dan PPS selalu meng-update dan terus melakukan koordinas dengan pihak-pihak terkait,” ungkap Deni Ahmad Haidar, Ketua KPUD Kabupaten Purwakarta kepada LINGKAR JABAR di kantornya, kemarin.

Ia mengatakan, KPUD telah menyerahkan data kepada PPK dan PPS sebanyak 695.852 DP4. Namun setelah lakukan ferivikasi jumlahnya berkurang menjadi 636.319 atau berkurang 59.542 hak pilih. Hal itu terjadi, karena ada kesalahan dalam melakukan pendataan meskipun dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer.

Penggunaan program komputer, sambung Deni, tidak menjamin akurasi data. Buktinya, terjadi kehilangan data yang dimungkinkan akibat ada keselahan dalam pendataan. Karenanya, KPUD memberikan waktu selama 21 hari sejak 17 September 2012 lalu, untuk  mendapatkan data terakhir yang kemungkinan bertambah dan berkurang.

 "Kami akan lihat hasil pendataan ulang, apakah jumlah DPS terjadi peningkatan atau tidak," ujarnya.

Selain terus meng-update data lagi, lanjutnya, PPK dan PPS juga terus berkoordinasi dengan pengurus partai politik ditingkat kecamatan dan desa serta masyarakat. sehingga data akhir yang nanti akan diserahkan, sesuai dengan data yang ada dilapangan.
 "Jangan sampai penyelenggara Pemilukada dikomplain gara-gara simpang siur DPS," papar Deni.

Terkait pelakskanaan Pilgub Jabar, Deni mengatakan bahwa rangkap tugas yang dilaksanakan KPUD saat ini hampir bersamaan dengan persiapan data Pilgub. Kemungkinan data yang akan disampaikan juga sama dengan data Pemilukada Purwakarta 2012.

 "Proses tahapan Pilgub, saat ini baru sampai pemutakhiran data pemilih," tukasnya. YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger