' Investasi Pengusaha Eropa di Jabar Meningkat Signifikan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Investasi Pengusaha Eropa di Jabar Meningkat Signifikan

Investasi Pengusaha Eropa di Jabar Meningkat Signifikan

Written By dodi on Tuesday, October 23, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Dalam kurun waktu Januari sampai Juni 2012, para pengusaha Jerman telah menyalurkan investasi dalam jumlah signifikan di wilayah Jawa Barat (Jabar). Investasi dari pemodal dari negeri tersebut kebanyakan bergerak di sektor manufaktur. Namun, bukan sekali ini saja pengusaha Jerman berinvestasi di Jabar, karena sebelumnya memiliki beberapa perusahaan manufaktur yang sudah beroperasi di Jabar.

"Sejak Januari hingga Juni 2012, Jerman menjadi negara Eropa dengan investasi terbesar nilainya mencapai Rp3,053 triliun," papar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Jabar Agus Gustiar di Bandung, akhir pekan kemarin. "Dan tahun ini, masih ada satu proyek lagi dari investor Jerman di Jabar," tambah Agus.

Selain itu, lanjutnya, investor Belanda juga menanamkan modalnya di Jabar pada semester pertama 2012 di Jawa Barat pada enam proyek dengan total nilai Rp355 miliar. Kemudian Inggris juga di enam proyek senilai Rp401,1 miliar, dan Swiss senilai Rp776,4 miliar di dua proyek.

Seluruh proyek tersebut padat modal, baik membuka proyek baru maupun pengembangan proyek yang sebelumnya sudah ada dan beroperasi. Sementara itu nilai investasi terbesar pada semester pertama 2012 adalah investor Jepang dengan jumlah 257 proyek dengan total nilai investasi senilai Rp12,96 triliun.

"Proyek investasi dari investor Jepang di Jabar menyerap 94.840 tenaga kerja. Sebagian besar investasi di sektor manufactur, otomotif maupun elektronik," kata Agus seraya menambahkan investasi juga dilakukan sejumlah investor dari Korea, China, Timur Tengah serta beberapa negara lainnya.

Dalam kesempatan itu, Agus juga mengungkapkan bahwa pengusaha asal Provinsi Kayseri, Turki tertarik berinvestasi pada sektor seperti fesyen, furniture, dan geothermal di Jabar. "Salah satu pengusaha asal Turki berencana menanamkan modalnya di Jabar," kata dia sambil menambahkan niat pengusaha asal Turki tersebut muncul dari ketika pihaknya melakukan kunjungan ke Turki beberapa waktu lalu.

Rencananya, pengusaha asal Turki akan melakukan penjajakan balik ke Jabar. Menurutnya, investasi dan kerja sama dagang yang memungkinkan dijalin dengan Turki adalah furniture. Furniture yang terbuat dari rotan akan mengalami redesign di Turki sebelum masuk ke pasar Eropa. "Turki memiliki desain yang bagus yang akan diterima pasar Eropa," ucapnya.

Sementara itu, investasi yang akan ditanam pengusaha Turki di Jabar adalah sektor hulu. industri tersebut akan bergerak pada sektor farmasi dan karpet. "Mereka juga merespons punya dana besar untuk membiayai proyek pembangunan infrastruktur di Jabar, dan itu merupakan suatu peluang," pungkasnya. REN

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger