' Habiskan APBD Rp1,3 Miliar Pemkab Purwakarta Gelar Program Isbat Nikah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Habiskan APBD Rp1,3 Miliar Pemkab Purwakarta Gelar Program Isbat Nikah

Habiskan APBD Rp1,3 Miliar Pemkab Purwakarta Gelar Program Isbat Nikah

Written By dodi on Wednesday, October 10, 2012 | 7:00 AM

KAB PURWAKARTA (LJ) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kucurkan duit sebesar Rp1,3 miliar yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tahun 2012 untuk mengelar program isbat nikah. Kegiatan itu dilaksanakan untuk membantu 2000 pasutri (pasangan suami istri) yang sudah menikah lama, tetapi belum memiliki dokumen pernikahan secara resmi.  

Sejak program isbat nikah digulirkan April 2012 lalu sampai September, tercatat 1.000 pasutri telah mengikuti program tersebut. Dan 556 pasutri diantaranya, menerima berkas penetapan hasil sidang isbat nikah, sedangkan 444 pasutri lagi dokumen (akta) nikahnya diserahkan langsung Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

 “Telah diberikannya buku isbat nikah, diharapkan masyarakat bisa mengurusi administrasi kependudukan dengan baik,” ungkap bupati, disela penyerahan dokumen pernikahan secara simbolis kepada 444 pasutri yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten Purwakarta, kemarin.

Dedi mengatakan, penyerahan buku isbat nikah ini merupakan program pemerintah dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terutama dalam mengurusi administrasi kependudukan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat bisa dengan mudah mengurusi keperluan administrasi kependudukan karena sudah sah.

"Jadi setelah masyarakat yang tadinya tidak memiliki buku nikah, dan sekarang sudah memiliki agar bisa memanfaatkannya dengan baik," ujarnya.

Sementara, Diudin, Kasubag Agama dan Pendidikan Bagian Kesra Pemkab Purwakarta menyatakan, program tersebut merupakan kebijakan Bupati Purwakarta yang dilaksanakan sejak April 2012 lalu. Dimana sampai saat ini, telah diikuti 1000 pasutri keluarga miskin dari 11 kecamatan dan satu kelurahan se-Kabupaten Purwakarta.

Sejak diluncurkan program isbat nikah, lanjut Diudin sebanyak 556 pasutri sebelumnya telah menerima akta nikah, dan sisanya 444 pasutri lagi diserahkan langsung oleh Bupati Purwakarta saat ini. Sebab program yang diluncurkan bupati tersebut, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin, yang sudah berkeluarga lama namun belum memiliki akta nikah.

 "Makanya, banyak masukan dan usulan agar program isbat nikah terus berlanjut hingga tahun 2013 mendatang. Sedangkan realisasi hingga 2.000 pasutri yang mengikuti program isbat nikah, ditargetkan selesai sampai akhir tahun 2012," tukasnya. YAS


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger